Ibuku tercinta dan Al-Quran tercintanya

ibuku

Rumah merupakan tempat kita yang sebenarnya. Di rumah seorang muslim pasti ada Al-Quran. Sama seperti rumahku juga banyak AlQuran, ada yang beli sendiri, hadiah, dikasih saat ada acara orang lain. Disana ada alquran yang dari sebesar wafer, bisa dikantongin sampai yang sebesar laptop, ada yang terjemah ada yang tidak, ada yang hitam putih, ada yang tajwid berwarna.  Lalu ada Alquran di setiap ruangan dan kamar di rumah.

Umur ibuku sudah 50an. menurutku Ibu cinta (banget) baca Al-Quran, kalo aku pulang kampus, ya pasti aku udah bisa nebak kalo dia lagi baca Quran atau pergi mengikuti kajian, yg bermanfaat gitu. Bangun tidur ibu baca Al-Quran, abis sholat baca Al-Quran, lagi senggang dikit baca AlQuran. Ya pokoknya dia baca Al-Quran.

Sebelum tidur ibu juga baca Al-Quran, jadi ketiduran juga sebelahnya Al-Quran sama kacamata dia, kadang aku pindahin kacamata yang masih dipake ibu pas dia tidur. Ibu baca Al-quran di ruangan mana aja di rumah. Contoh kita di kamar satu, setiap hari ibu selalu minta tolong sama aku “rilla, tolong ambilin kacamata Ibu, mau baca Quran”. aku udah tahu letak kacamatanya, deket AlQuran di kamar lain, atau tempat wudhu, ya itu-itu aja. Alasan ibu ganti kacamata dengan segera kalau rusak, ya buat baca Al-Quran.

Terus.. ibu juga kerja di rw, jadi kalo ada yang minta urusan surat2 warga tinggal ke kantor rw. Nah sembari nunggu orang datang untuk urusan tersebut, Ibu membaca Al-Quran. Ibu juga berusaha agar bacaannya benar. Jadi baca buku tajwid, kadang ditandain mana ikhfa, mana izhar, idgham. Kalo ibu lagi baca dikasihtau “nun mati-nya dibaca Bu, itu izhar”, nah terus ibu langsung “oh iya, huruf izhar ada itu ini, ini, kan”, ku jawab “wih inget, Ibu hebat, iya bener”. Soalnya ibu udah mulai lupa mungkin karena usia juga. namun Ibu sekarang udh jarang sekali salah baca. Ibu juga suka baca terjemahannya, kalau aku denger ibu baca terus berhenti, pasti Ibu lagi baca terjemahannya. Sesibuk apapun Ibu, berperan ganda menggantikan bapak yg telah disisiNya, pasti aku selalu saksikan setiap hari Ibu baca Al-Quran, sholat rawatib, dhuha, tahajud. Membuatku percaya superhero (a.k.a Ibu) benar-benar ada di bumi.

Saat kami membaca AlQuran bareng-bareng, bergiliran 1 ain 1 ain, Ibu bacanya keasyikan sampe 2 ain lebih, saya tidak enak berhentiinnya. Oleh Karena itu ibu khatam ga keiitung. Pertama alif lam mim, minggu2 depannya udah denger  alhamdu lillaahi alladzii anzala ‘alaa ‘abdihi alkitaaba, dan berikutnya mendengar tabarokalladzi, dan tiba-tiba amma yatasaa aluun. Ibu juga bacanya pelan-pelan, tidak pernah kudengar cepet-cepet. ibu juga suka minta disetelin murottal quran.

Secara keseluruhan, Ibu adalah sumber motivasiku membaca Al-Quran. biasanya orang-orang dan termasuk saya begadang karena alasan klasik “iya kemaren begadang ngerjain tugas”, “begadang karena kodingan belum selesai” atau dulu pas kerja “masih remote router sama ratusan IP public ”. tapi ibu antimainstream, saya ibaratin “iya Ibu begadang nih, begadang baca AlQuran”. aku malu  sama Ibu karena meski ibu bilang penglihatan udah lelah dan kurang jelas ga sejelas di waktu muda, badan sudah tidak sekuat di waktu muda, tapi rajin baca Quran. jadi kalau saya lagi lihat dan baca AlQuran, pasti ingatnya sama Ibu.

Alasan Ibu sederhana mengapa kita baca Al-Quran, sama seperti sholat, karena itu menenangkan jiwa kita, dan meneduhkan hati kita, bikin kita tidak gelisah. Benar saja, kita merasa dunia sudah memenuhi diri kita, ibarat game petualangan yangg otomatis harus main sampe tamat, melelahkan dan menyakitkan. Namun Sholat dan baca Al-Quran tercipta menjadi salah satu obat diri dan sembuhkan kita.

Finally yang paling sulit itu istiqomah, wah sulit banget deh. saya dan anda pun pasti merasakannya, yg mengetahui isi hati kita ya kita sendiri, bukan orang lain. oleh karenanya butuh motivasi sama niat harus tetap ada di hati, pelan-pelan aja . Karena hati manusia kebolak-balik terus, dan yang terpenting sudah berusaha yang terbaik.

Semoga bermanfaat dan semoga kita menjadi pecinta Quran, aamiin….

-Rilla