Bersikap Lembut

sikaplembut

Bab Bersikap Lemah Lembut Kepada Anak Yatim, Anak-anak Perempuan, Orang-orang Lemah, Kaum Fakir Miskin, dan Orang-orang yg Hina, serta Berbuat Baik Kepada Mereka, Mengasihi. Merendahkan Diri serta Bersikap Sopan kepada Mereka

Hadits ke-1

Artinya:

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Saya didatangi oleh seorang wanita miskin yang membawa kedua anak gadisnya, lalu saya memberikan makanan kepada mereka berupa tiga buah kurma.

Wanita itu memberikan setiap sebiji kurma itu kepada kedua anaknya dan sebuah lagi diangkat ke mulutnya. Namun, kedua anaknya itu meminta kurma yang hendak dimakannya tersebut, lalu wanita tadi memotong buah kurma yang hendak dimakan itu menjadi dua bagian dan diberikan pada kedua anaknya.

Keadaan wanita itu membuat saya takjub, maka saya beritahukan apa yang dilakukan wanita itu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau pun bersabda,

‘Sesungguhnya Allah telah mewajibkan untuk wanita itu masuk surga karena perbuatannya atau akan dibebaskan dari api neraka’.”

 

(HR. Muslim: 148/2630)

Syarah :

Hadits ini sebagai dalil bahwa memberikan kasih sayang dan lemah lembut pada anak-anak merupakan salah satu sebab bagi mereka untuk masuk ke dalam surga dan selamat dari neraka. Kita memohon pada Allah agar menjadi golongan tersebut.

 

-Rilla, referensi sumber kitab riyadhus salihin