Semarak Merayakan Pendidikan Anak Bersama Pesta Bestari

Gambar 1. Ice Breaking

Dapat diakui, pendidikan menjadi salah satu aspek terpenting yang perlu terapkan oleh setiap bangsa dan generasi untuk dapat membawa suatu kemerdekaan dan kesejahteraan. Sebagaimana yang telah terjadi pada masa sebelum kehadiran Nabi besar kita,  Rasulullah SAW, atau masa kebodohan, di mana dunia berada dalam keterpurukan dan kesengsaraan bagi umat yang hidup didalamnya.

Pesta Bestari, merupakan salah satu upaya sederhana untuk dapat kembali merayakan, dan mengangkat peran pendidikan sebagai pengaruh terbesar untuk mencapai suatu kesejahteraan. Program ini berkolaborasi dengan Taman Baca Teras Sebuku, Kota Malang, yang termasuk ke dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus terhadap pembelajaran adab anak-anak sejak dini, dan membawa topik pembahasan terkait ‘Tiga Kata Ajaib’ yaitu kata tolong, maaf, dan terimakasih.

Pelaksanaan kegiatan Pesta Bestari ini, berlangsung selama empat hari, dimulai pada hari Kamis, 9 Mei 2024 sampai dengan Minggu, 12 Mei 2024. Susunan kegiatan ini terbagi menjadi beberapa rangkaian acara, seperti Pelatihan Volunteer, Seminar Parenting, Sesi Materi dan Games untuk anak-anak, hingga Farewell sebagai penutupan acara.

Training Volunteer

Gambar 2. Pemateri

Sebagai rangkaian acara yang pertama sekaligus menjadi persiapan untuk acara selanjutnya, Pesta Bestari mengadakan pelatihan bagi volunteer yang akan berkontribusi sepanjang pelaksanaan kegiatan. Di mana dengan membekali para volunteer terkait pengetahuan dasar tentang volunteer, hingga pemahaman yang mendalam akan sikap dan tingkah laku anak, bahkan para orangtua sekalipun yang akan hadir pada sesi Seminar Parenting.

Gambar 3. Praktik

Kegiatan berlangsung di ruang kelas Malang Creative Center pada hari Minggu, 5 Mei 2024, pukul 09.00-12.00 WIB. Pembekalan materi volunteer dibawa oleh Yanurust Rahma Ivvana, M.Psi seorang spesialis psikologi sekaligus pendiri dari Andalusia Kids. Pembawaan yang diberikan interaktif dan penerapan melalui praktik, sehingga para volunteer mendapat pemahaman mendalam dan memberikan respon positif dengan diadakannya pelatihan volunteer.

Day 1: Seminar Parenting

Gambar 4. Seminar

Seminar yang berkolaborasi dengan RW 08 Jl. Sebuku Desa Bunulrejo Malang, sekaligus pembuka dari kegiatan Pesta Bestari, dilaksanakan pada 9 Mei 2024 di Balai Pertemuan “Panjura” RT 07 RW 08 Jl. Sebuku Bunulrejo, Kota malang. Perancangan kegiatan seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para orangtua setempat untuk memahami bagaimana peran besar dari keluarga terhadap kebiasaan, dan adab dari anak. Seminar dibawakan oleh Yanurust Rahma Ivvana yang sebelumnya mengisi pada pelatihan volunteer.

Gambar 5. Sambutan Pendiri Taman Baca Teras Sebuku

Pelaksanaan seminar dirancang dengan konsep semi-formal, di mana dibuka dengan sambutan oleh pembina Pesta Bestari, Bapak Miftahul Hamim. Dilanjut dengan sambutan oleh pendiri Taman Baca Teras Sebuku, serta Sponsorship. Peserta yang hadir sangat antusias untuk mendalami materi dan berperan aktif ketika diadakan sesi tanya jawab. Respon yang diberikan oleh peserta positif, dan sangat berkesan diadakannya seminar parenting ini, harapan kedepannya kegiatan sejenis dapat dilaksanakan kembali.

Day 2: Sesi Materi untuk Anak-anak

Gambar 6. Ice Breaking

Acara berlanjut dengan lokasi yang lebih dekat dengan kawasan target peserta, yaitu anak-anak yang berada di sekitar Taman Baca Teras Sebuku. Peserta yang hadir berada pada bangku sekolah dasar kelas 3 & 4. Acara dimulai dengan ice breaking untuk memberikan perhatian kepada anak-anak. Kemudian, dilanjut dengan pemaparan materi terkait ‘Tiga Kata Ajaib’ melalui presentasi interaktif oleh para volunteer. Kegiatan ditutup dengan pemberian konsumsi oleh peserta, serta membiasakan untuk salim dan berpamitan dengan kakak volunteer.

Day 3: Sesi Games untuk Anak-anak

Gambar 7. Games Anak-Anak

Sebagai penerapan dari materi yang telah dipaparkan pada hari sebelumnya, anak-anak akan diberikan kesempatan belajar sambil bermain, di mana games yang akan dipakai mengambil konsep ular tangga, dan pada setiap kotak yang terdapat tanda tanya akan diberikan pertanyaan seputar materi di hari sebelumnya. Anak-anak sangat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian sampai akhir, dengan peserta berkisaran usia kelas 2 sampai 4 SD.

Day 4: Farewell & Pentas Seni

Gambar 8. Games

Gambar 9. Pentas Seni

Di Penghujung acara Pesta Bestari, diadakan Farewell sebagai penutupan yang diisi dengan pentas seni, dan pemutaran video selama kegiatan. Pertunjukkan pentas seni diikuti oleh beberapa anak Taman Baca Teras Sebuku, serta dari panitia Pesta Bestari. Pentas seni yang ditunjukkan pun beragam, ada yang menampilkan pencak silat, tari tradisional, hingga sholawatan. Di awal acara pun, anak-anak diminta untuk menuliskan cita-citanya di masa depan yang kemudian ditempelkan melalui papan harapan. Seluruh rangkaian acara diikuti dengan antusias oleh anak-anak yang hadir.

Gambar 10. Anak-Anak

Penerapan kembali adab yang perlahan luntur dalam lingkungan anak-anak merupakan salah satu upaya sederhana yang diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan Pesta Bestari ini. Karena pada dasarnya, adab telah mencakup seluruh aspek kehidupan yang mencakup bidang pendidikan itu sendiri. Pemahaman hal dasar dalam berkomunikasi seperti kata ‘Tolong, Maaf, dan Terimakasih’ menjadi permulaan awal untuk anak-anak, dan para orangtua untuk memahami bagaimana adab dalam berbicara begitu mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Penulis : ……………….. – Jurusan, B2

………… Divisi …………. MT Al-Khawarizmi Region Malang 2024/2025