Ramadhan Festival 2022

Bismillahirrohmaanirrohiim.

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Alhamdulillahi rabbil al’amiin. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan baik itu nikmat iman, islam, dan sehat wal ‘afiat sehingga dengan segala upaya, kami dari organisasi MT Al-Khawarizmi dapat melaksanakan serangkaian kegiatan Ramadhan Festival (RamFest) 2022 dengan lancar.

Sabtu, 16 April 2022

Alhamdulillah, pada Sabtu, 16 April 2022, telah terlaksana KaBar (Kajian Bareng) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program kerja Ramadhan Festival (RamFest) 2022 yang bertemakan ‘KURMA (Karunia Ukhuwah Ramadhan Penuh Hikmah)’. Pada pukul 15.30 WIB, acara dibuka oleh Rofiq Agung Pratama dan Siva Oktaviani Tandiono sebagai MC.

Pembukaan oleh MC

 

MC menghimbau peserta untuk mengisi link entry ticket sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan benefit yang ditawarkan yaitu poin SAT. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan KaBar (Kajian Bareng) agar dapat ditaati bersama selama acara berlangsung. Tidak lupa pula diikuti dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Shaquille Javier Ja’afar.

Tilawatil Qur’an

 

Kemudian, Abdul Syukur Afandi sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Ramadhan Festival (RamFest) 2022 memberikan sepatah-dua kata sambutan. Masuk ke acara inti, Moderator yang diperankan oleh Nisfu Damareodito Isnawan memperkenalkan pembicara, Pak Robby Saleh, S.Kom., M.T. kepada para peserta. Beliau akan membawakan materi dengan topik ‘Ukhuwah Islamiyah 101’.

Sambutan Ketua Pelaksana oleh Abdul Syukur Afandi

 


Penyampaian Materi oleh Pak Robby Saleh, S.Kom, M.T.

 

Dalam materi yang disampaikan, terdapat makna bahwa ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan yang muncul karena persamaan keimanan dengan harapan dapat menjadi insan-insan yang bertaqwa. Akhir penyampaian materi, ada sesi diskusi atau tanya jawab yang diikuti oleh seluruh peserta.

Sesi Tanya Jawab

 

Setelah selesai sesi tanya jawab, diadakan sesi kuis untuk sama-sama belajar mengenai hal-hal seputar Ramadhan dengan cara yang menyenangkan yang diarahkan oleh Mohamed Hasan Isa sebagai salah satu anggota divisi acara. Dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yang dibantu oleh Maria Yumna Mahasin sebagai anggota divisi media.

Sesi Kuis dengan menggunakan Kahoot!

 

Sesi Dokumentasi

 

Acara selanjutnya yaitu pengumuman kegiatan TeKan (Tebar Kebaikan) yang merupakan kegiatan penggalangan donasi selama bulan suci Ramadhan 1443 yang dimulai pada tanggal 2 hingga 15 April 2022. Donasi tersebut terkumpul sejumlah Rp5.130.000,00 dan telah disalurkan ke Yayasan Amal Sholeh Sejahtera yang berlokasi di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 39, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada tanggal 17 April 2022.

Pengumuman Penggalangan Donasi

 

Penyaluran Donasi ke Yayasan Amal Sholeh Sejahtera

 

Acara pun ditutup pada pukul 17.45 WIB dengan pembacaan do’a oleh Shaquille Javier Ja’afar dan himbauan oleh MC kepada peserta untuk mengisi link exit ticket sebagai tanda bukti kehadiran.

Pembacaan Do’a Penutup

 

Sekian dari acara yang kami jalankan,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.