MT Gathering 2021

Bismillahirrahmanirrahim,

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Acara MT Gathering merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh MT BINUS dengan tujuan untuk menyambut anggota baru MT BINUS dan seluruh muslim dan muslimah BINUS University. Pada tahun 2021 ini, MT Gathering dihadiri oleh Binusian 2024 dan 2025 yang berasal dari berbagai regional BINUS, yaitu dari daerah sekitar DKI Jakarta (Kemanggisan, Alam Sutera, dan Bekasi). Tidak hanya dari daerah DKI Jakarta, tahun ini kami mengajak teman-teman yang berasal dari region  Bandung, Malang, dan beberapa dari Online Learning. Selain itu, aktivis, pengurus, dan alumni MT BINUS juga ikut hadir untuk menyambut anggota baru dan memperkenalkan MT BINUS lebih dalam kepada anggota baru MT Binus. MT Gathering 2021 ini bertemakan “Mencetak Karakter yang Islami dan BERDASI (Bersih, Cerdas, dan Menginspirasi)”. Menyesuaikan dengan tema tersebut, acara ini menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat memiliki banyak karya dan kegiatan dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi muslim/muslimah BINUS. Acara dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom Meeting pada tanggal 21 September 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB.

 

Open Zoom & Entry Ticket

Pukul 08.30 WIB, Zoom dibuka 30 menit lebih awal untuk memberikan waktu kepada peserta untuk melakukan registrasi. Ini digunakan agar peserta mempersiapkan diri dengan cara mengganti username, menggunakan virtual background yang sudah disediakan panitia, mengisi link entry ticket, dan menjelaskan peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi saat sesi berlangsung.

 

Pembukaan serta Doa & Tilawah

 

 

 

 

 

 

 

 

Tepat pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh MC (Siva dan Rofiq). MC juga kembali mengingatkan para partisipan untuk mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, seperti mengisi entry ticket. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi doa dan tilawah. Sesi ini dipimpin oleh Fakhrial sebagai Qori bertujuan agar sama-sama mengajak seluruh partisipan untuk bersyukur dan memohon rahmat Allah agar acara berjalan dengan lancar dan diberi keberkahan.

 

Sambutan Ketua Pelaksana dan Ketua Umum

Ketua Pelaksana

Ketua Umum Regional Jakarta

Ketua Umum BIC Malang

Ketua Umum Regional Bandung

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Syukur sebagai ketua pelaksana MT Gathering 2021 dan ketua umum MT BINUS dari masing-masing regional (Nawfal – ketua umum daerah Jakarta dan sekitarnya, Abhirama – ketua umum Bandung, dan Bening – ketua umum Malang). Sesi ini berisi tentang apresiasi dan harapan kepada seluruh panitia dan pengurus yang telah berusaha dalam membuat acara ini dan dapat berjalan dengan lancar serta kepada partisipan yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir serta berpartisipasi aktif dalam acara MT Gathering 2021. 

 

Perkenalan MT Al-Khawarizmi

 

Selanjutnya, Nawfal sebagai ketua umum region Jakarta dan sekitarnya memperkenalkan UKM MT BINUS secara singkat sekaligus sebagai perkenalan singkat dari masing-masing ketua umum di setiap regional. Sesi ini bertujuan agar anggota baru MT BINUS dapat mengenal MT BINUS lebih dekat dan detail mulai dari sejarah MT BINUS, kegiatan-kegiatan rutin yang sering dilakukan, program-program kerja, serta divisi-divisi yang berada di dalam MT BINUS.

 

Perkenalan Peserta

Sesi perkenalan peserta ini dipandu oleh Siva dan Rofiq sebagai MC. Hal-hal yang ditanyakan oleh MC adalah nama peserta, regional kampus BINUS, dan alasan peserta mengikuti acara dengan cara membuat interaksi dan percakapan singkat yang bertujuan untuk mengenal anggota baru lebih dekat.

 

Sesi Materi 1 dari Narasumber 1 (Edy Fajar Prasetyo)

Setelah sesi berkenalan, dilanjutkan dengan sesi materi 1 yang dibawakan oleh narasumber 1, yaitu Edy Fajar Prasetyo. Pada sesi ini, narasumber menyampaikan beberapa hal yang harus dipahami muslim dan muslimah agar dapat menjadi pemuda yang menginspirasi dan bermanfaat bagi semua orang mulai dari sifat-sifat yang harus dimiliki hingga menjelaskan beberapa aktivitas yang dilakukan oleh narasumber dengan harapan dapat menginspirasi partisipan. Setelah narasumber selesai memaparkan materinya, diikuti dengan sesi tanya jawab yang berpusat di cara-cara dan tips untuk menjadi pemuda yang menginspirasi. Pertanyaan yang diutarakan oleh peserta dipilih yang terbaik untuk mendapatkan hadiah.

 

Sesi Breakout Room

 

Alam Sutera  

Kemanggisan

Bekasi

Bandung

Malang

 

Sesi breakout room dilakukan setelah sesi materi 1 selesai. Tujuan dari sesi ini adalah sebagai pengenalan region kepada anggota baru MT BINUS. Dibuat 5 breakout rooms untuk masing-masing regional yang hadir, yaitu regional Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi, Bandung, dan Malang. Seluruh partisipan diarahkan untuk masuk ke breakout room sesuai dengan regional kampusnya. Kemudian, panitia, pengurus, dan alumni menceritakan sedikit pengalaman mereka beraktivitas di UKM MT BINUS di masing-masing regional. 

 

Sesi Games 1 (Kahoot!)

Untuk mencairkan suasana kembali setelah beberapa saat acara dimulai, games Kahoot! Dimulai. Games ini dipandu oleh Riza sebagai staf acara. Isi dari games ini adalah pertanyaan seputar keislaman, MT BINUS, dan narasumber-narasumber pada acara hari ini. Diikuti oleh xx partisipan, diambil 3 juara untuk diberikan hadiah.

 

Sesi Materi 2 dari Narasumber 2 (Dea Aulia)

Acara dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh narasumber 2, yaitu Dea Aulia. Narasumber menceritakan tentang orang-orang yang menginspirasi dari zaman ke zaman. Tujuan sesi ini dengan harapan agar partisipan dapat terus termotivasi untuk memperbaiki diri dan belajar dari orang-orang tersebut. Dari sesi ini, peserta pun aktif bertanya seputar kiat-kiat untuk membenahi diri. Pertanyaan yang diutarakan oleh peserta dipilih yang terbaik untuk mendapatkan hadiah.

 

Sesi Games 2 (Tebak Gambar via Quizizz)

Games tebak gambar ini bertujuan untuk kembali mencairkan suasana acara. Peserta harus menebak gambar yang dibuat oleh panitia untuk memenangkan games ini, yang 3 juaranya akan diberikan hadiah. Gambar yang harus ditebak bertemakan keislaman, MT BINUS, dan informasi umum tentang BINUS.

 

Sesi Kesan dan Pesan

Menjelang akhir acara, partisipan dianjurkan untuk menulis kesan dan pesannya di platform mentimeter. Sesi ini bertujuan sebagai wadah bagi partisipan untuk menuangkan opini dan harapan mereka tentang acara ini dan acara MT BINUS selanjutnya. Dari banyaknya kesan dan pesan yang dituliskan, dipilih beberapa yang paling menarik dan konstruktif akan diberi hadiah.

 

Penutup, Doa, dan Dokumentasi

 

Acara ditutup dengan doa yang dipandu oleh Fakhrial sebagai Qori. Lalu, disambung dengan pengambilan dokumentasi yang dibantu oleh Annisa sebagai staf publikasi dan dokumentasi. Hasil dokumentasi disimpan dan diunggah ke media sosial MT BINUS. Selanjutnya, acara ditutup oleh Siva dan Rofiq sebagai MC yang menyampaikan beberapa kata penutup dan  kembali mengajak peserta untuk mengisi exit ticket sebagai syarat dari turunnya poin SAT dan e-sertifikat.

 

Dengan selesainya acara MT Gathering 2021, semoga tujuan terbentuknya acara ini dapat tersampaikan dan dirasakan oleh para hadirin, yaitu untuk memotivasi muslim/muslimah BINUS terutama Binusian 2024 dan 2025 agar menjadi pemuda yang berkarakter islami dan menginspirasi masyarakat di sekitarnya. Kata maaf terus diujarkan atas kekurangan dan kesalahan selama acara berlangsung. Sampai berjumpa di MT Gathering 2022.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.