Pengabdian kepada Masyarakat: Cleanliness4life

Bismillahirrahmanirrahim,

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, kita panjatkan puji serta syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan baik itu nikmat iman, nikmat Islam, dan nikmat sehat wal ‘afiat sehingga dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, kami dari organisasi MT Al-Khawarizmi telah mampu melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan mengusung tema “Cleanliness4life – Realizing Public Awareness of Environmental Cleanliness” dengan konsep campaign dan melibatkan kegiatan volunteering di tahun 2021 ini dengan sukses dan lancar.

 

Kegiatan ini kami selenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menerapkan gaya atau pola hidup sehat sehari-hari. Kegiatan ini diselenggarakan selama tujuh hari dimana para volunteer melakukan campaign dengan cara membuat video sesuai dengan materi serta ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia dan selanjutnya dipublikasikan di Instagram milik volunteer. Selain itu, volunteer juga mempublikasikan infografis yang diberikan panitia di hari pertama, keempat dan ketujuh. 

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini pemaparan atas kegiatan yang telah selesai kami laksanakan selama tujuh hari:

 

Senin, 23 Agustus 2021

Tanggal 23 Agustus 2021 merupakan hari pertama dimulainya campaign berdasarkan challenge yang diberikan oleh kami kepada para volunteer. Di hari pertama ini, volunteer diberikan challenge untuk membuat video story dengan tema “Menjaga Kebersihan Rumah”. Dari tema tersebut, volunteer membuat video berisi diri mereka yang sedang membersihkan toilet, menyapu lantai ruang tamu dan kamar, membersihkan jendela atau kaca-kaca, membersihkan debu-debu, mencuci piring, dan sebagainya. Di hari pertama ini, volunteer juga mempublikasikan infografis yang berisi informasi tentang Menjaga Kebersihan Selama Pandemi. Tujuan diberikannya challenge tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan rumah mereka masing-masing terutama di masa pandemi ini dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

 

Selasa, 24 Agustus 2021

Selanjutnya di hari kedua, volunteer diberikan challenge untuk membuat video dengan tema “Menjaga Kebersihan Lingkungan”. Dari tema tersebut, volunteer membuat video yang menampilkan kegiatan mereka saat menyapu halaman, menyiram tanaman, memungut sampah di jalan dan membuangnya ke tempat sampah, dan lain-lain. Challenge ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dimanapun mereka berada.

 

Rabu, 25 Agustus 2021

Berlanjut di hari ketiga, challenge yang diberikan kepada volunteer masih tentang menjaga kebersihan namun bedanya, tema di hari ketiga ini yaitu tentang “Menjaga Kebersihan Diri Sendiri”. Berbagai macam cara dilakukan oleh volunteer dalam merealisasikan tema tersebut. Mulai dari menggosok gigi, mencuci tangan, memotong kuku, mencuci muka, dan sebagainya. Challenge ini bertujuan untuk membuat para volunteer menyadari bahwa bukan hanya lingkungan yang perlu dijaga kebersihannya, tetapi diri sendiri pun juga harus dirawat agar tetap sehat.

 

Kamis, 26 Agustus 2021

Di hari keempat, tema yang diberikan kepada volunteer sebagai challenge yaitu tentang “Sampah Organik dan Anorganik”. Volunteer diminta untuk membuat video dimana mereka mampu mengelompokkan sampah organik dan anorganik. Sebagian volunteer ada yang khusus membuat tempat sampah dari plastik atau kardus dan ditambahkan keterangan sampah organik dan sampah anorganik di masing-masing tempat sampah tersebut. Selain membuat video, volunteer juga diminta untuk mempublikasikan infografis tentang “Ciri-Ciri Sampah Organik dan Sampah Anorganik”.  Infografis tersebut bukan hanya dapat membantu volunteer dalam membuat video tetapi juga mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sampah organik dan anorganik. Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada para volunteer serta masyarakat agar mampu membedakan sampah organik dan anorganik. Dan untuk membuat mereka terbiasa memilah sampah agar sampah menjadi lebih mudah didaur ulang nantinya.

 

Jumat, 27 Agustus 2021

Kemudian di hari kelima ini, tema yang diberikan masih relate dengan tema sebelumnya tentang sampah organik dan anorganik. Tema challenge di hari kelima ini adalah daur ulang dimana mereka harus membuat video yang menunjukkan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dari sampah-sampah yang ada dan masin bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Volunteer dalam kegiatan ini umumnya memanfaatkan sampah dari benda-benda seperti kaleng, kardus, botol plastik dan toples. Salah satunya yaitu pemanfaatan sampah botol plastik bekas mereka ubah menjadi tempat untuk meletakkan pensil, pulpen, dan sebagainya.

Sabtu, 28 Agustus 2021

Beralih dari tema terkait kebersihan dan sampah, di hari keenam ini, volunteer diberikan challenge untuk membuat video dengan tema “Gaya Hidup Sehat dan Bersih” dimana mereka harus menunjukkan seperti apa penerapan gaya hidup yang sehat dan bersih itu. Dari tema tersebut, berbagai macam kegiatan ditunjukkan oleh volunteer melalui video-video diupload di Instagram Story mereka. Mulai dari bersepeda di pagi hari, minum susu, mengonsumsi buah, dan sebagainya. Hal ini juga juga bertujuan untuk mengingatkan serta menyadarkan mereka bahwa menerapkan gaya hidup sehat itu merupakan hal yang mudah dilakukan. Kami juga berharap dengan diberikannya challenge ini mereka akan terus terbiasa untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

Minggu, 29 Agustus 2021

Tibalah di hari terakhir dari kegiatan 7 days challenge ini. Di hari ketujuh ini, volunteer diminta untuk membuat video dimana mereka menyampaikan kesimpulan dari seluruh rangkaian kegiatan yang mereka lakukan mulai dari hari pertama hingga keenam serta menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap kegiatan Cleanliness4life serta kesan dan pesan mereka kepada para panitia. Selain itu, di hari ketujuh ini, mereka juga ditugaskan untuk mempublikasikan infografis yang berisi informasi tentang Gaya Hidup Sehat dan Bersih untuk mengingatkan kembali para volunteer agar terus memperhatikan gaya hidup mereka sehari-hari apakah sudah dapat dikatakan sehat atau belum. 

 

Alhamdulillah, begitulah sedikit pemaparan acara Pengabdian kepada Masyarakat “Cleanliness4life” yang telah kami selenggarakan selama tujuh hari dengan lancar dan sukses. Kami selaku panitia serta keluarga besar MT Al-Khawarizmi berharap bahwa dengan terlaksananya acara ini, semoga dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat serta dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka seputar kebersihan lingkungan dan gaya hidup sehat. 

 

Dan melalui kegiatan campaign tersebut, kami juga berharap semoga masyarakat dapat lebih peduli dan lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar serta kesehatan diri sendiri. Terakhir, harapan kami dari kegiatan ini adalah semoga bumi menjadi lebih terjaga demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang. 

 

Tidak lupa juga, kami mengucapkan terima kasih kepada para volunteer yang telah berpartisipasi dalam acara yang kami selenggarakan ini. Serta mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan serta kelalaian yang terjadi selama acara berlangsung. Sampai jumpa di event selanjutnya!!!

 

Sekian dari kami, 

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.