Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19.

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Karya: Akbar Ramadhan, Alam Sutera

 

 

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan banyaknya aktivitas di luar ruangan berubah menjadi dilakukan di dalam rumah, baik bekerja, belajar, bahkan ibadah. Yang mana. kita sebagai umat muslim terutama sebagai ikhwan, diwajibkan untuk sholat 5 waktu di masjid. Tahun ini merupakan tahun kedua kita melaksanakan hampir seluruh ibadah di rumah dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.  

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana yang diwajibkan dalam surah Al-Baqarah:

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” QS. Al-Baqarah ayat 183.

 

Ayat tersebut merupakan salah satu perintah bagi setiap muslim yang beriman agar melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan, sekaligus menjalankan salah satu dari lima rukun Islam. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, tidak ada alasan untuk tidak beribadah meskipun aktivitas ibadah di bulan suci Ramadhan ini banyak yang terkendala, seperti menghadiri kajian rutin, menghadiri pengajian dan sebagainya. 

Firman Allah dalam surah Al-Baqarah: 185

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر

Artinya: Allah menginginkan bagi kalian kemudahan, dan (Allah) tidak menginginkan bagi kalian kesulitan

 

Sebagai organisasi kemahasiswaan MT Al Khawarizmi, kami membuktikan bahwa halangan ini tidak menjadikan semangat beribadah kita menjadi pudar. Kita tetap bisa mengikuti kegiatan-kegiatan positif secara online melalui aplikasi meeting online. Seperti adanya kajian yang diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting oleh MT Al Khawarizmi, yang dilaksanakan rutin sebulan sekali, adanya program Ramadhan yakni kegiatan ODOJ (One Day One Juz) setiap pagi dan malam, lalu ngabuburit sore dengan menonton film Al Fatih setiap hari Sabtu sore, dan MT Al Khawarizmi juga berperan menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin beramal di bulan Ramadhan ini. Selain itu, akan diadakan kajian di tanggal 9 Mei 2021 nanti. 

Sebagai generasi nusantara yang didukung adanya perkembangan teknologi, kita harus bisa beradaptasi dengan situasi yang ada dan mengubahnya menjadi sebuah peluang. Keterbatasan yang kita hadapi saat ini bukan berarti mengurangi iman yang ada pada diri kita. Dengan begitu, kita bisa terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala..