LDKD A MT AL KHAWARIZMI 2021

Bismillahirrahmanirrahim,

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan baik itu nikmat iman, nikmat Islam, dan nikmat sehat wal afiat sehingga dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, kami dari organisasi MT Al Khawarizmi dapat melaksanakan kegiatan LDK A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) tahun 2021 dengan lancar.

Sabtu, 20 Maret 2021

Pembukaan oleh MC

Pada pukul 07.30 WIB, acara kegiatan LDK A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Nabilah Kintani dan Muhammad Daffa Pahlevi Hermanto. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an beserta artinya yang dibawakan oleh Adani Bintang Ramadhan. Selanjutnya ada kata sambutan yang dibawakan oleh Annas Dimas Fathurrohman sebagai selaku Ketua Pelaksana LDK Aktivis. Setelah itu dilanjutkan dengan materi tentang MT Al Khawarizmi yang dibawakan oleh Muhammad Nawfal Rashad sebagai Ketua Umum MT Al Khawarizmi periode 2021, dan materi tentang pembuatan proposal oleh Chairunissa Salza Nadila selaku sekretaris umum MT Al Khawarizmi.  Selanjutnya, ada materi tentang Pentingnya Berdakwah yang dibawakan oleh ustadz Reza Milady Fauzan. Selanjutnya, ada materi tentang Public Speaking yang dibawakan oleh ustadz Robby Saleh. Kemudian, ada presentasi tokoh islam sekaligus yel-yel yang sudah disiapkan oleh peserta. Pada pukul 11.50 WIB waktunya ishoma hingga pukul 13.00 WIB, walaupun ishoma zoom pun tetap aktif dengan keadaan mute dan offcam.

Setelah waktu ishoma selesai, ada ice breaking yang dibawakan oleh Bayu Reza. Kemudian, melanjutkan presentasi tokoh islam sekaligus yel-yel yang sempat tertunda. Setelah selesai presentasi tokoh islam dan yel-yel sekitar pukul 13.20 WIB agenda berikutnya, ada informasi terkait discord yang akan digunakan di hari kedua yang dijelaskan oleh Fatahillah dari panitia LDKA. Agenda berikutnya, ada sesi do’a yang dibawakan oleh Faiz Labib. Kemudian, ada sesi pengisian exit ticket untuk absensi para peserta dan yang terakhir pendokumentasian yang diambil alih oleh tim media. Alhamdulillah acara LDKA hari pertama berjalan dengan lancar selesai pukul 14.30 WIB.

kumpulan pendokumentasian kegiatan LDKA hari pertama

Ahad, 21 Maret 2021

Pada hari kedua, agenda kegiatan dimulai pukul 08.00 wib. Seperti biasa, agenda diawali tilawah Qur’an oleh Adani Bintang dilanjut dengan sharing bersama alumni yang dibawakan oleh kak Ratih sebagai alumni MT dari regional Alam Sutera, kak Ratih pun menceritakan suka duka nya selama di MT hingga kak Ratih pun memberikan banyak tips tips dalam kepanitiaan untuk para peserta. Selanjutnya, ada Materi Sikap Kepemimpinan dan Kebijaksanaan dalam Berorganisasi yang dibawakan oleh kak Rabani Puja Ismanu sebagai alumni MT. Kemudian dilanjutkan dengan agenda yang sangat penting dan mengasyikkan yaitu interview dan pos to pos online, yang dilaksanakan di discord. Alumni MT dan pengurus MT ikut membantu dalam kegiatan yang dilaksanakan di discord ini. Agenda di discord ini di pandu oleh pembina masing-masing kelompok, agenda interview dan pos to pos ini terpotong dengan waktu dzuhur. maka, pembina mempersilahkan peserta untuk melakukan ishoma terlebih dahulu. Setelah waktu ishoma selesai para peserta pun melanjutkan pos to pos online yang terpotong. Setelah agenda di discord selesai, para peserta kembali ke zoom untuk mengikuti agenda selanjutnya. Agenda selanjutnya yaitu evaluasi para peserta yang dipandu oleh kak Fatahillah. Dimana pada sesi evaluasi tersebut, para peserta bersama panitia menyusun sebuah kesepakatan demi kemajuan MT Al Khawarizmi kedepannya. Setelah itu, panitia memberikan surprise kepada para peserta dengan menampilkan PPT yang berisi ucapan selamat sudah lulus menjadi aktivis.

Agenda berikutnya ada sesi kesan dan pesan yang diberikan oleh peserta maupun panitia, lalu ada sesi doa yang dibawakan oleh Faiz Labib. Selanjutnya ada sesi foto bersama yang dipimpin oleh tim dokumentasi, lalu yang terakhir, acara ditutup oleh MC.


kumpulan pendokumentasian kegiatan LDKA hari kedua

Alhamdulillah, selesai sudah seluruh rangkaian acara LDKA MT Al Khawarizmi 2021. Harapannya, dengan berjalan nya acara ini, MT Al Khawarizmi dapat semakin berkembang dan sukses. Aamin aamiin ya rabbal’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.