MT Gathering 2020: Winning Scholarship within Three Continents

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin acara MT Gathering yang merupakan salah satu program kerja MT Al-Khawarizmi yang bertujuan untuk menyambut kedatangan (welcoming party) anggota baru MT Al-Khawarizmi dari Binusian 2023 juga 2024 dapat terlaksana dengan baik. Acara diikuti dari berbagai pihak dari mulai anggota baru MT Al-Khawarizmi yaitu Binusian 2024, serta aktivis, pengurus, dan alumni MT Al-Khawarizmi. Pada acara ini kami mengundang tiga orang pembicara yang sedang atau telah menempuh pendidikan di luar negeri supaya bisa membagikan tips dan trik seputar cara untuk bisa mendapatkan beasiswa berkuliah di luar negeri. Acara dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom.

Registrasi

Sebelum dimulainya acara, pada pukul 08.00 pagi, ruangan sudah dibuka untuk peserta melakukan registrasi. Selain itu, panitia juga aktif mengingatkan kepada audiens mengenai penggunaan format nama dan juga penggunaan background MT Gathering saat menyalakan kamera.

Pembukaan dan Tilawah

Acara dibuka oleh MC (Fatahilla) pada pukul 09.00 pagi untuk menjelaskan hal-hal penting terkait acara. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Quran yang dibawakan oleh Zami.

Sambutan Ketua Pelaksana dan Umum

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh ketua pelaksana MT Gathering 2020 yaitu Annas serta ketua umum MT Al-Khawarizmi yaitu Iqbal. Sambutan berisikan ucapan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras untuk merealisasikan acara ini serta harapan supaya acara ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir.

Sambutan oleh Iqbal selaku ketua umum MT Al-Khawarizmi

 

Perkenalan MT Al-Khawarizmi dan Panitia

Selanjutnya setelah memberikan sambutan selaku ketua umum, Iqbal memperkenalkan UKM MT Al-Khawarizmi secara general kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan pengurus-pengurus yang telah hadir secara singkat. Dilanjutkan dengan memperkenalkan panitia secara singkat pula yang bertujuan supaya anggota baru MT Al-Khawarizmi dapat lebih mengenal anggota-anggota lain yang telah bergabung sebelumnya.

Perkenalan, Materi, serta Tanya Jawab bersama Narasumber 1

Narasumber 1: Aditya Herry E. dari University of Rhode Island di Amerika Serikat

 

Pada pukul 09.20 pagi, MC mulai memperkenalkan narasumber yang pertama, yaitu Aditya Herry E. yang pernah meraih beasiswa di University of Rhode Island, Amerika Serikat. Beliau menyampaikan materi seputar alasan mengapa harus memilih Amerika sebagai destinasi yang tepat untuk menimba ilmu serta pengalaman-pengalaman yang telah dilalui selama berkuliah di Amerika.

Sesi Perkenalan Peserta

Sesi perkenalan peserta yang dipimpin oleh MC

 

Setelah selesainya sesi yang dibawakan oleh narasumber 1, untuk mencairkan suasana dilakukan sesi perkenalan peserta. Satu persatu peserta memperkenalkan diri supaya semakin mengenal satu sama lain. Pertanyaan juga dilontarkan oleh MC mengenai alasan peserta memilih bergabung dengan UKM MT Al-Khawarizmi. Banyak di antara mereka menjawab ingin bergabung dengan MT Al-Khawarizmi karena ingin menambah pengetahuan serta wawasan keislaman lebih mendalam serta bisa menerapkannya secara langsung kepada umat.

Sesi Games 1 (Tebak Gambar)

Salah satu babak dari games tebak gambar

 

Selanjutnya sesi games yang pertama dimulai. Games yang pertama memiliki konsep menampilkan potongan foto dari anggota MT Al-Khawarizmi untuk kemudian ditebak oleh peserta mengenai nama orang yang dimaksud. Terlihat peserta antusias mengikuti games tersebut dengan cara menjawab nama orang tersebut di dalam kolom chat Zoom.

Sesi Materi dari Narasumber 2 dan 3 serta Tanya Jawab

Narasumber 2: M. Iqbal Hanafri dari National Taiwan University of Science and Technology

 

Acara dilanjutkan dengan pembawaan materi dari narasumber kedua yaitu M. Iqbal Hanafri dari National Taiwan University of Science and Technology di Taiwan. Beliau menyampaikan materi mengenai sebagaimana seharusnya seorang pemuda muslim mengenali dirinya sendiri yang kemudian bisa memaksimalkan potensinya di dalam ilmu pengetahuan dan pendidikan supaya dapat bermanfaat bagi orang lain. Beliau juga membagikan pengalaman-pengalamannya selama berkuliah di Taiwan serta pesan-pesan kepada peserta supaya selalu bersemangat dalam menempuh pendidikan.

Narasumber 3: Zurhalki dari Vistula University di Polandia

 

Dilanjutkan materi ketiga yang dibawakan oleh Zurhalki dari Vistula University di Polandia. Beliau menyampaikan mengenai hal-hal yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran beasiswa ke Eropa. Beliau juga memberitahu alasan-alasan mengapa harus memilih Eropa sebagai destinasi menempuh pendidikan. Kemudian, beliau juga menyampaikan mengenai pengalaman-pengalaman selama berkuliah di Vistula University Polandia.

Sesi Games 2 (Susun Kata)

Games kedua yang bertajuk susun kata

 

Setelah usai semua materi oleh narasumber-narasumber, pada pukul setengah 12 siang diadakan games yang kedua yaitu susun kata. Cara kerja susun kata yaitu penanggung jawab games akan memberikan huruf abjad yang diacak kepada peserta kemudian peserta menyusun atau merangkai huruf-huruf tersebut menjadi sebuah kata yang memiliki arti. Setelah peserta menyusun atau merangkai huruf-huruf tersebut, peserta dapat menjawabnya melalui kolom chat Zoom.

Sesi Kesan dan Pesan

Di penghujung acara, dilakukan sesi kesan dan pesan yang bertujuan untuk mengevaluasi jalannya acara baik dari segi teknis ataupun segi manfaat yang diterima oleh peserta. Peserta diberikan waktu kurang lebih 10 menit untuk menuliskan kesan dan pesannya melalui kolom chat. Banyak dari mereka yang merasa bahwa acara ini sangat bermanfaat dan menyuguhkan informasi yang penting juga terkesan baru.

Sesi Penutup, Doa, dan Dokumentasi

Sesi dokumentasi bersama seluruh audiens

 

Setelah sampai di akhir acara, dilakukan penutupan oleh MC yang menyampaikan sepatah dua patah kata untuk berterimakasih kepada peserta yang telah antusias dan aktif mengikuti acara dari awal hingga akhir. Dilanjutkan dengan doa penutup serta sesi dokumentasi supaya acara terdokumentasi dengan baik.

Jargon MT Al-Khawarizmi

Usai sudah acara MT Gathering 2020, semoga tujuan dan visi dari acara ini benar-benar bisa tersampaikan yaitu supaya dapat meraih beasiswa dan kemerdekaan pendidikan serta memperkuat ukhuwah sesama anggota MT Al-Khawarizmi baik yang baru maupun yang lama. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata atau sebagainya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.