Kajian dan Tadarusan MT Al Khawarizmi selama Bulan Ramadan dan Pandemi Covid-19

Bulan Ramadan kali ini terasa berbeda dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam menanggapi hal ini, MT Al Khawarizmi berinisiatif untuk tetap memelihara ruhiyah para anggotanya serta menambahkan wawasan yang lebih luas mengenai Islam yang tentunya dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan video conference. Tadarus dilakukan dengan setiap peserta membaca ayat suci al-Qur’an sebanyak satu halaman dalam sekali putaran. Dalam satu sesi biasanya dilakukan kurang lebih tiga kali putaran.

Tangkapan layar salah satu peserta saat mengikuti Tadarusan MT Al Khawarizmi

 

Sementara itu, kajian dibentuk semenarik mungkin dalam bentuk web seminar atau yang biasa disingkat dengan webinar. Kajian diisi dengan sesi tilawah, sesi materi, dan sesi tanya jawab. Tema-tema yang disuguhkan berbeda-beda setiap minggunya dan merupakan topik yang sedang hangat di kalangan masyarakat.

 

Salah satu slide materi yang disampaikan oleh Ustadz Arief Wibowo

 

Ibadah wajib dan amalan baik lainnya boleh saja dilakukan dari rumah. Namun, semangat melakukan amalan baik di bulan Ramadan tetap harus membara seperti biasanya.