Doa Penutup Majelis Ilmu

Doa Penutup Majelis Ilmu

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” مَنْ جَلَسَ فِيْ مَجْلِسٍ , فَكَثُرَ فِيْهِ لَغَطُهُ , فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُوْمَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ :

” سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ , وَبِحَمْدِكَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ , أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ”

إِلاَّ غُفِرَلَهُ مَاكَانَ فِيْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang duduk disuatu majelis, dan dia banyak berkata salah, kemudian sebelum beranjak dari majelis tersebut dia membaca doa :

“Mahasuci Engkau ya Allah, aku memuji Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yan hak kecuali Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Maka Allah akan mengampuni kesalahan yang terucap oleh lisan nya didalam majelis tersebut.”

[Shahih : Diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi rahimahullah dalam Sunan nya, hadits no 3433. Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud rahimahullah dalam Sunan nya, hadits no 4859. Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban rahimahullah dalam Shahih nya, hadits no 594. Diriwayatkan oleh Imam Al-Baghawi rahimahullah dalam Syarhus Sunnah, hadits no 1340. Diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i rahimahullah dalam Sunan al-Kubra nya, hadits no 10187, 10188, 10189, 10190 dan 10191. Dan juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad rahimahullah dalam Musnad nya, hadits no 19812 (takhrij Syaikh Syu’aib). Diriwayatkan juga oleh Imam Ad-Darimi rahimahullah dalam Sunan nya, hadits no 2658. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dan Syaikh Syuaib rahimahullah dalam beberapa kitab nya.]