Keistimewaan Bulan Muharrom

4

Pada zaman Nabi Muhammad SAW bulan Muharrom merupakan bulan dimana diharamkan untuk melakukan peperangan. Sebagian Ulama menjelaskan bahwa di bulan Muharrom diharamkan untuk melakukan kedzoliman dan kemaksiatan.

Keutamaan bulan muharrom juga telah dijelaskan dalam QS.ATTAUBAH Ayat 36:

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut ALLOH ialah dua belas bulan , (sebagaimana) dalam ketetapan Alloh pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus ,maka janganlah kamu mendzalimi dirimu dalam (bulan yang empat ) iti, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa ALLOH beserta orang –orang yag takwa.” (QS .ATTAUBAH Ayat 36 )

Dalam surat tersebut bahwa ALLOH swt setelah menciptakan langit dan bumi ALLOH menciptakan bulan yang jumlahnya 12 yaitu bulan pada tahun Hijriyyah.Diantara 12 bulan tersebut ada 4 yang diutamakan bulan tersebut adalah bulan Dzulqo’dah, dzulhijjah , muharrom , dan rajjab. Yang paling diutamakan adalah bulan 3 yang berturut turut yaitu bulan dzulqo’dah,dzulhijjah dan muharrom.Pada bulan Muharrom dilarang untuk melakukan pembunuhan dan peperangan antar sesama muslim,tetapi dalam surat ini ada perintah bahwa orang muslim harus memerangi orang musyrik atau orang kafir yang selalu mengajak kedalam kehancuran.

Pada bulan muharrom juga bulan dimana nabi Musa menang atas Firaun.

Bulan dzulhijjah disebut juga dengan Syahrulloh asham yang memliki arti bulan ALLOH yang sunyi. Mengapa dinamakan bulan ALLOH ,karena pada bulan ini dilarang dilakukannya peperangan

Source : http://warohmah.com/