Bagaimana Berdakwah lewat Internet

Image5

 

Di zaman modern ini, penggunaan internet semakin memasyarakat. Bahkan beberapa daerah pelosok pun, tak lepas dari upaya pemerintah memperlebar jaringan internet bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun, sungguh disesalkan bahwa banyak masyarakat kita menggunakan internet untuk hal yang sia-sia. Sebagiannya justru dipakai untuk bermaksiat. Seperti melihat konten pornografi, judi online, menipu orang, dan lain-lain.

Bagi teman-teman yang telah memahami Islam dengan baik, tentu tidak dapat membiarkan ini semua terjadi. Kita wajib mengajak pada kebajikan dan mencegah kemaksiatan. Termasuk melalui internet.

Sebab, Rasulullah telah bersabda, “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat.” (H.r. Bukhari).

Maka, sudah seharusnya kita turut andil mensyiarkan ajaran agama kita. Karena kita akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah nanti. Apa yang sudah kita lakukan untuk agama ini.

Kapan lagi bisa asyik bermain internet sambil mendulang pahala?

Lalu, bagaimana cara kita berdakwah lewat internet? Ayo simak beberapa caranya di bawah ini:

  1. Buat website atau blog

Website (situs) memiliki peran utama dalam dunia internet. Dengan membuat situs, kita dapat menulis berbagai artikel Islami. Dan para pengguna internet dapat mengambil ribuan informasi tersebut secara gratis.

Maka, membuat situs dengan tujuan berdakwah merupakan kegiatan yang sangat efektif. Tapi jika teman-teman belum memiliki biaya, tak ada salahnya memanfaatkan blog gratisan.

  1. Memanfaatkan media sosial

Kini saatnya mengubah “Facebook” menjadi “Dakwahbook”. Hari ini telah banyak kaum Muslimin menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah. Karena dampaknya yang cukup efektif dan masif pula penyebarannya. Berdakwah melalui media sosial, khususnya Facebook bisa dilakukan dengan membuat “Halaman” atau “Grup” sebagai tempat untuk bertukar ilmu.

  1. Menggunakan aplikasi Chatting

Yang tak kalah marak, ialah kemunculan aplikasi-aplikasi Chatting yang dimanfaatkan sebagai sarana berdakwah. Sebab penggunaannya yang cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan pun. Sobat WISH cukup menyediakan aplikasi di handphone, seperti: BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya.

  1. Membuka kelas online

Kalau Sobat WISH mahir dalam dunia IT, tak ada salahnya sobat membuka “Kelas Online” sebagai syiar Islam. Tentu hal ini akan lebih mudah dipahami bagi sang murid, karena mereka bisa langsung berkomunikasi dengan pengajar. Bahkan dapat dilakukan kapan pun tanpa perlu bertatap wajah.

  1. Membuat/menyebarkan video Islami

Menyebarkan video Islami di website/media sosial pun tak kalah menariknya. Malah justru metode ini yang membuat dakwah semakin terlihat kreatif dan inovatif. Sobat WISH dapat mengadaptasi konsep Talk Islam yang telah mampu membuat banyak orang menjadi Mualaf melalui video-videonya.

Itulah beberapa cara berdakwah via internet. Jadilah pengguna internet yang cerdas. Yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Serta mampu menyeleksi setiap informasi yang diperoleh dari internet.

Barrakallahu fiikum..

src:dakwahsekolahku.com