KMK BINUS sebagai Tuan Rumah Paskah Gabungan PMKAJ Unit Barat 2024

Panitia Tri Hari Suci KMK BINUS 2024

 

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) BINUS University – Dalam rangka menyambut perayaan Paskah 2024, dengan tema Paskah “Kebangkitan Kristus Memperkuat Solidaritas dan Subsidiaritas Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama”, KMK BINUS menyelenggarakan rangkaian perayaan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Vigili, hingga Minggu Paskah.

Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta (PMKAJ) memiliki 5 satuan/unit yang terdiri dari PMKAJ Unit Tengah, Unit Barat, Unit Timur, Unit Selatan, dan Pastoran Unika Atmajaya Jakarta. KMK BINUS masuk dalam bagian PMKAJ Unit Barat. Setiap tahunnya, PMKAJ memiliki tradisi untuk mengadakan Misa Paskah Gabungan di setiap unitnya, di mana ada satu universitas yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah, lalu dihadiri oleh universitas di sekitarnya dan merayakan Paskah bersama. Tahun ini, KMK BINUS dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Misa Paskah Gabungan Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta Unit Barat (PMKAJ UB).

Perayaan Paskah ini, sudah selayaknya dirayakan secara langsung dan khidmat bersama. Namun, karena pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu, acara ini terpaksa dijalankan secara daring atau online. Tahun ini merupakan tahun perdana acara Misa Paskah Gabungan dijalankan lagi secara onsite. BINUS University merasa sangat terhormat dan bersyukur karena sudah dipercayakan untuk memimpin dan menjadi penyelenggara acara ini. Seluruh misa diselenggarakan di Foodcourt Lt. 1, Kampus Anggrek, BINUS @Kemanggisan.

Kamis Putih KMK BINUS 2024

Adanya seluruh rangkaian misa Paskah ini yang di mulai pada hari Kamis, 28 Maret 2024 pukul 18.00 WIB, merayakan hari raya Kamis Putih, di mana misa dipimpin oleh Rm. Yeremias Helan Diaz, Pr. Kita kembali mengenang peristiwa perjamuan kudus terakhir sebelum Yesus Kristus ditangkap untuk diadili dan dianiaya tanpa adanya kesalahan yang jelas yang diperbuat oleh-Nya. Perayaan Kamis Putih ini juga diakhiri dengan ibadat tuguran, di mana kita semua diimbau untuk berjaga-jaga dan menemani Yesus yang kita simbolkan dalam bentuk Hosti/Tubuh Kristus.

Jumat Agung KMK BINUS 2024

Dilanjutkan dengan Ibadat Jumat Agung pada hari Jumat, 29 Maret 2024 pukul 15.00 WIB, di mana ibadat dipimpin oleh Rm. Yohanes Watan Langobelen, Pr sebagai Selebran utama, ditemani dengan Rm. Yeremian Helan Diaz, Pr, Rm. Laurensius Feto, Pr, dan Rm. Gabriel Rolly Davinsi, Pr yang membantu sebagai para Konselebran. Kita kembali mengenang Wafat Tuhan kita Yesus Kristus, perarakan dan penghormatan Salib dilakukan sebagai tanda kita menyembah Dia yang telah bersedia untuk menderita sengsara demi menebus dosa-dosa manusia. Ibadat Jumat Agung juga diawali dengan Jalan Salib di pukul 12.00 WIB, kita mau kembali mengenang perjalanannya dianiaya, dihina, disiksa, hingga disalibkan.

Sabtu Vigili KMK BINUS 2024

Selanjutnya pada hari Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 18.30 WIB, dirayakan perayaan Sabtu Vigili, yang dipimpin oleh Rm. Roberthus Rimmin, SJ sebagai Selebran utama, ditemani dengan Rm. Yeremias Helan Diaz, Pr sebagai Konselebran. Perayaan Sabtu Vigili diawali dengan Upacara Cahaya, melambangkan terang Kristus yang mengalahkan kegelapan dosa. Aula diatur untuk lampu dimatikan dan menciptakan suasana gelap, dan hanya terdapat cahaya dari api Paskah yang menjadi sumber cahaya pada malam itu. Lalu, malam itu juga terdapat upacara penerimaan Sakramen Baptis, Ekaristi, dan Krisma, dengan 11 orang calon baptisan baru dari Universitas Tarumanegara, BINUS, dan umum. Upacara Baptis ini juga merupakan tradisi, di mana anggota katekumen dari universitas di wilayah terkait akan dibaptis secara bersamaan pada perayaan Sabtu Vigili gabungan.

Minggu Paskah KMK BINUS 2024

Rangkaian perayaan Paskah, diakhiri dengan Minggu Paskah pada Minggu, 31 Maret 2024 pukul 10.00 WIB, yang dipimpin oleh Rm. Roberthus Rimmin, SJ sebagai Selebran utama, dan ditemani Rm. Laurensius Feto, Pr sebagai konselebran. Pada perayaan ini, kita mau mengenang Yesus yang bangkit pada hari ke-3, membuat takjub seluruh orang, menunjukkan keagungan-Nya dan benar bahwa Ia adalah Mesias. Perayaan Minggu Paskah ini, diakhiri dengan acara ramah tamah untuk para Romo, tamu undangan dari universitas lain, panitia, petugas liturgi, mulai dari koor, misdinar, pemazmur, lektor, komentator, hingga petugas tatib. Acara ramah tamah di mulai dengan makan bersama, dan dilanjutkan dengan acara sukacita bersama, menari, dan menyanyi bersama.

Misa Paskah Gabungan ini dihadiri oleh para pimpinan BINUS seperti Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA selaku Rektor BINUS University dan Bapak Bernard Gunawan Hadipoespito selaku Ketua Yayasan BINA NUSANTARA, Bapak Carmelus Susilo, Ibu Lisa Tjokro, Bapak George Wijaya Hadipoespito, Bapak Michael Wijaya Hadipoespito, dan masih banyak lagi pimpinan yang hadir dalam perayaan Tri Hari Suci ini. Tidak hanya para pemimpin BINUS, tetapi acara ini juga dihadiri oleh universitas-universitas lain yang termasuk dalam anggota PMKAJ Unit Barat. Universitas yang turut hadir dalam Misa Paskah Gabungan ini adalah Universitas Tarumanegara, Universitas Podomoro, Universitas Budi Luhur, Universitas Bunda Mulia, Universitas Pertamina, Universitas Pelita Harapan, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Prasetiya Mulya. Acara ini juga didukung oleh para mitra media yang turut mempublikasikan acara ini, yaitu KMK Universitas Bunda Mulia Serpong, KMK Mercubuana, KMK Prasetiya Mulya, KMK Podomoro, KMK Universitas Budi Luhur, dan KMK Universitas Pelita Harapan.

Untuk itu, KMK BINUS University ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada para panitia yang menyelenggarakan dan mempersiapkan acara, para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas lain yang ikut membantu menyelenggarakan acara, para pimpinan dan staff BINUS University yang bersedia untuk membantu melancarkan acara, mulai dari penyediaan tempat, perlengkapan, hingga fasilitas yang mendukung kelancaran seluruh rangkaian Misa Paskah ini, dan kepada para umat yang telah hadir memeriahkan misa.

Selamat Hari Paskah 2024, semoga damai Paskah menyertai kita semua!