PKM KMK BINUS 2022 – Perpanjangan Kasih Tuhan untuk Kanak-Kanak Kecil

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) BINUS University – Anak-anak merupakan bibit penerus masyarakat dan peradaban di masa depan. Bak bibit yang dirawat untuk jadi tunas yang baik, sepantasnya anak-anak mendapatkan pendampingan  kasih di masa kecilnya. Namun realitanya terdapat anak-anak yang bernasib kurang beruntung, yang harus hidup tanpa pendampingan dari keluarganya. Melalui kegiatan PkM ini, sebagai Binusian Katolik, kami ingin berkontribusi dengan berbagi kasih terhadap masyarakat yang membutuhkan, yaitu dengan melaksanakan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) ke panti asuhan.

Kegiatan PkM merupakan kegiatan sosial yang wajib dilaksanakan oleh seluruh organisasi kemahasiswaan termasuk KMK BINUS. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial yang dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat. PkM KMK BINUS 2022 melaksanakan kegiatan ini secara integrasi yang mencakup regional Greater Jakarta (Area Kampus Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi dan Senayan), regional Malang, dan regional Bandung. Pada hari Sabtu, 3 Desember 2022 kami melaksanakan PkM di regional Bandung yang berlokasi di Panti Asuhan Putera Maranatha, Bandung. Kemudian dilanjutkan pada hari Minggu, 4 Desember 2022 kami melaksanakan PkM di regional Greater Jakarta yang berlokasi di Panti Asuhan Griya Asih, Jakarta dan di regional Malang yang berlokasi di Panti Asuhan Oikos Shalom.

Kegiatan PkM KMK BINUS 2022 mengajak kita berbagi kepada anak-anak di panti asuhan dengan tema yang diusung yaitu “God’s Little Hand”. Dari tema tersebut, dapat disadari bahwa Tuhan tidak pernah sekalipun meninggalkan umat-Nya. Dalam keadaan apapun, Tuhan senantiasa memberikan pertolongan, baik dari kesadaran diri sendiri maupun melalui bantuan orang-orang baik di sekitar yang sering kali tidak disadari. Tuhan selalu hadir dalam setiap langkah kehidupan kita, melalui berbagai perpanjangan tangan yang telah Ia utus bagi umat-Nya.

Selama kegiatan PkM ini, kami bersama-sama berbagi kebahagiaan dengan berbincang dan bercerita, bermain games bersama, bernyanyi, dan berbagi ilmu mengenai “How to Recycle”, serta mengajarkan mereka untuk menanam menggunakan bahan daur ulang yaitu botol bekas. Tidak lupa juga kami memberikan kasih berupa donasi barang layak pakai seperti buku cerita dan sandang, serta donasi berupa dana yang didapat dari para donatur baik Binusian maupun luar Binusian. Kami berharap agar donasi ini dapat membantu mereka, meskipun yang diberikan tidak seberapa. Di akhir acara kami juga terdapat sesi makan bersama dengan para peserta. Serta kami memberikan bingkisan kecil untuk melengkapi kebahagiaan mereka.

Dengan terlaksananya kegiatan PkM ini kami berharap anak-anak lebih teredukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mendaur ulang barang layak pakai. Selain itu kami berharap agar kegiatan ini dapat membantu sesama terlebih dalam berbagi kasih dan rezeki kepada anak-anak sebagai perpanjangan tangan Tuhan.

Penulis : Angelica Gabriella Leoni Kusumadewi
Peninjau : Sekretaris Umum KMK BINUS

Angelica Gabriella Leoni Kusumadewi