Tentara Bunda Maria dari Universitas Bina Nusantara | Legio Maria Bunda Hati Kudus

Legio Maria adalah sebuah perkumpulan Katolik yang melakukan devosi kepada Bunda Maria. Sering kali Legio Maria disebut sebagai tentara Bunda Maria dengan Bunda Maria sebagai komandannya. Legio Maria didirikan oleh Frank Duff pada tahun 1921 tanggal 07 September. Para Legioner (sebutan untuk para anggota Legio Maria mempunyai harapan untuk dapat membuat dirinya berguna bagi Ratu Surgawi dengan kesetiaan, kebajikan, dan keberanian mereka. Oleh karena itu Legio Maria diatur menurut model tentara, terutama seperti tentara Romawi kuno. Demikian pula nama Legio diambil dari istilah tentara Romawi. Tetapi tentara dan senjata anggota Legio Maria bukan dari dunia ini.

Legio Maria di Universitas Bina Nusantara berdiri pada 26 Januari 1993 dengan nama Presidium Bunda Hati Kudus, pada tahun 2001 sebagai solusi dari banyaknya jumlah anggota legio maka diputuskan untuk membuka presidium baru dengan nama Maria Mater Dei (MMD). Legio Maria Binus berada dalam naungan Kuria Cermin Kekudusan Kampus yang merupakan bagian dari Senatus Bejana Rohani Jakarta. Artikel ini akan membahas mengenai kegiatan bersama para anggota Legio Maria Bunda Hati Kudus (BHK) dalam rapat mingguan, kebersamaan antar anggota hingga acara kebersamaan yang menyenangkan lainnya. 

Kegiatan dari Legio BHK tidak lepas dengan kegiatan KMK Binus pada umumnya, secara tidak langsung menjadi anggota Legio BHK otomatis menjadi bagian dari keluarga besar KMK Binus. Secara umum kegiatan di Legio BHK dapat dikategorikan jadi dua yaitu kegiatan eksternal dan internal, kegiatan eksternal mencakup area kegiatan bersama kategorial lain (Ando, PDKK, Katekumen), presidum lain baik presidium yang ada di Binus atau luar binus hingga kegiatan bersama kuria dan senatus. Sedangkan kegiatan internal meliputi; kebersamaan, rapat presidium, perayaan ulang tahun presidium ataupun anggota, kunjungan panti asuhan, hingga menjadi support system satu sama lain sampai kegiatan wisuda. 

Menjadi anggota Legio BHK adalah cara bagi para mahasiswa Katolik Binus untuk menemukan sahabat, partner doa, tempat saling berbagi suka dan duka, teman bermain hingga tambatan hati, dan tentu saja dibawah asuhan Bunda Maria. Berikut ini adalah dokumentasi kebahagiaan anggota Legio BHK dalam mengikuti kegiatan eksternal maupun internal legio; 

  1. Kegiatan Eksternal 

  1. Kegiatan Internal 

Legio Maria BHK Binus senatiasa terbuka untuk seluruh Binusian yang ingin bergabung berdevosi pada Bunda Maria bersama kami, rapat presidium selama pandemi dijalankan secara online pada setiap hari minggu pukul 14.00 WIB, adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dapat dilihat di Instagram kami @familyofbhk atau hubungi kontak person a.n Pricillia Katarina atau pricillia_pk (ID LINE)

 

#KMKBINUS

#AllForJesus

Penulis : Legio Maria Bunda Hati Kudus

Peninjau : Divisi Medkom KMK BINUS