Religious Hour Batch 2 | Misa Jumat Pertama KMK BINUS 5 AGUSTUS 2022

BINUS University, KMK BINUS – Telah dilaksanakan sesi jam kerohanian dalam rangkaian First Year Program (FYP) B26 batch 2 pada 5 Agustus 2022 secara serentak di BINUS Greater Jakarta dan BINUS Bandung. Pelaksanaan sesi jam kerohanian kali ini bertepatan dengan Jumat pertama di bulan Agustus. Oleh karena itu, KMK BINUS menyelenggarakan misa Jumat pertama pada pukul 11.20-13.00 WIB secara hybrid, yakni misa onsite di BINUS Kemanggisan, BINUS Alam Sutera, BINUS Bekasi, dan BINUS Bandung, serta misa online yang disiarkan langsung dari BINUS Alam Sutera.

Kelompok Paduan Suara Ancilla Domini (Sumber: Dokumentasi KMK BINUS)

Perayaan misa Jumat pertama di kampus Kemanggisan dipimpin oleh Romo Frederikus Ivan Haryanto, Pr. dan dibuka dengan nyanyian ‘Jemaat Allah, Marilah’ (PS 326) bersama kelompok paduan suara Ancilla Domini, yakni paduan suara KMK BINUS. Adapun misa dihadiri dengan khusyuk dan lancar oleh para mahasiswa serta dosen di kedua ruangan, yaitu ruang 800 dan ruang 803. 

Melalui bacaan Injil (Mat. 16:24-28) yang dibawakan pada misa Jumat pertama ini, kita diajak untuk siap menanggung dan memikul salib Yesus. Sebagaimana kita berperan sebagai mahasiswa, kita tentu memiliki beban dan tanggung jawab yang harus dipikul selama masa kuliah. Meskipun tidak seberapa jika dibandingkan dengan penderitaan Yesus saat memikul salib-Nya, namun hal ini merupakan karya sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuktikan kepada Yesus bahwa kita siap menjadi pengikut-Nya yang setia dengan memikul salib kita masing-masing.

Penerimaan Komuni di Ruang 803 BINUS Kemanggisan (Sumber: Dokumentasi KMK BINUS)

Sebagai Binusian, kita memiliki awalan angka NIM sesuai dengan target tahun kelulusan. Misalnya, jika NIM dibawali dengan angka 26 maka kita memiliki tanggung jawab untuk lulus di tahun 2026. Proses mencapai kelulusan memang tidaklah mudah, tentu banyak sekali rintangan dan halangan yang akan menerpa. Namun, dengan adanya hal tersebut, kita diingatkan untuk melaksanakan tanggung jawab dan tugas yang Tuhan Yesus percayakan kepada kita. Tuhan Yesus bersabda, bahwa “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku” (Mat 16:24). Dengan demikian, kita harus rela memikul salib kita masing-masing untuk mengimani tugas dan perutusan yang Tuhan berikan kepada kita sebagai mahasiswa beriman. Akhir kata, KMK BINUS mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh umat.  Sampai jumpa lagi di jam kerohanian batch berikutnya!

#KMKBINUS

#AllForJesus

Penulis : Felicia Tertia

Peninjau : Sekretaris Umum KMK BINUS