PEMBAPTISAN GABUNGAN 2021 – Et Lux in Tenebris Lucet (Dan Terang Bersinar dalam Kegelapan)

BINUS University, KMK BINUS – Di tengah masa pandemi ini Pembaptisan Gabungan antara Katekumen BINUS University dan Katekumen Universitas Tarumanagara dilaksanakan dalam tiga hari dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Hari pertama pembaptisan dilaksanakan pada Rabu, 7 April 2021, hari kedua pada Jumat, 9 April 2021, dan hari terakhir pada Sabtu, 10 April 2021. Tujuan Pembaptisan Gabungan ini adalah untuk mendalami makna baptis sebagai pengudusan hidup katekumen, tanda bahwa para katekumen adalah pengikut Yesus Kristus, dan para katekumen diharapkan menjadi hamba Tuhan yang berguna bagi sesama. Pembaptisan dilakukan selama tiga hari di tempat yang sama, yaitu di Gereja Katolik St. Petrus Paulus, Jalan Raya Mangga Besar. Misa pembaptisan dipimpin oleh Rm. Roberthus Rimmin, SJ.

Pembaptisan Gabungan ini hanya dihadiri oleh 15 orang panitia dan calon baptis karena mengikuti aturan protokol yang diterapkan oleh Gereja Santo Petrus Paulus. Sebelum dimulainya misa pembaptisan, dilakukan pembekalan bagi calon baptis. Pembekalan dilakukan kurang lebih 1 jam sebelum misa, tujuannya agar calon baptis dapat memahami tata cara pembaptisan. Setelah melakukan pembekalan, misa pembaptisan dimulai dengan penerimaan tiga Sakramen sekaligus oleh calon baptis, yaitu Sakramen Baptis, Sakramen Krisma, dan Komuni Pertama. Setelah misa pembaptisan, dilakukan dokumentasi bersama sekitar 15 menit. Tema Pembaptisan Gabungan tahun ini adalah “Et Lux in Tenebris Lucet” yang berarti “Dan Terang Bersinar dalam Kegelapan” Katekumen yang sudah dibaptis diharapkan dapat menjadi terang bagi sesama di tengah masa pandemi ini.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu menyertai kami serta kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga event ini dapat berjalan dengan lancar. Selain itu kami juga mengucapkan proficiat kepada para baptisan baru, semoga dapat menjalani kehidupan baru sebagai Katolik dan semakin bertumbuh dalam iman. 

Terima kasih dan sampai berjumpa di event KMK BINUS selanjutnya!

#KMKBINUS
#AllForJesus

Penulis : Panitia Pembaptisan Gabungan
Peninjau : Sekretaris Umum KMK