Membuat Artikel Menjadi Lebih Menarik

 

Pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu menulis seperti content writer dan copywriter kian menjadi lapangan pekerjaan baru di era sekarang. Tak lepas dari itu, dalam menulis juga dibutuhkan teknik yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dalam penulisan karya tulis seperti artikel. Berikut merupakan tips yang dapat kamu terapkan agar artikel yang kamu tulis menjadi lebih menarik :

    1. Tentukan ide, topik, dan tema

Untuk memulai penulisan artikel, penentuan ide tulisan adalah hal yang sangat krusial. Dalam proses ini pula terkadang penulis merasa kekurangan ide serta tidak percaya diri akan idenya sendiri. Beberapa cara di bawah ini dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa “buntu ide”  :

• Catat semua ide yang muncul di pikiranmu, sesederhana apapun ide yang terlintas dalam pikiranmu dapat menjadi ide yang menarik di mata orang lain.

• Membaca dan menonton film, dua kegiatan ini dapat membantumu mengasah imajinasi serta kreativitas baru.

• Cari inspirasi dari lingkungan sekitar

    1. Susun kerangka artikel

Sama pentingnya dengan fondasi dalam membangun rumah, dalam menulis artikel, kita juga tentu harus memiliki fondasi terlebih dahulu. Kerangka artikel dapat membantu penulis untuk mengetahui hal yang akan mereka tulis. Dengan memiliki kerangka artikel yang tertata, penulisan artikel akan menjadi terarah.

    1. Perhatikan paragraf pembuka

Isi pada paragraf pembuka dapat menjadi penentu apakah pembaca akan menyelesaikan suatu bacaan atau tidak. Paragraf pembuka yang menarik akan menjaga pembaca untuk tetap membaca artikel yang kamu tulis.

    1. Pastikan artikel to the point

Hindari menggunakan kalimat yang bertele-tele karena hal ini dapat membuat pembaca merasa jenuh dan bosan. Kalimat yang sulit dimengerti juga dapat memberikan pengaruh buruk pada citra artikelmu.

    1. Tambahkan ilustrasi atau gambar

Ilustrasi atau gambar dapat membuat pembaca merasa tertarik serta mengurangi potensi timbulnya rasa bosan, lho!

Nah, itu merupakan beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam penulisan artikel. Apapun hasilnya, yang terpenting adalah jangan pernah berhenti berlatih.

Sumber : https://www.ekrut.com/media/cara-menulis-artikel