DV SOS 2022

Written by. Aldo Chung

Pada bulan Maret  – April 2022, KMB Dhammavaddhana BINUS University mengadakan DV SOS 2022. Kegiatan DV SOS tahun ini mengangkat tema “Mari Belajar Teman-Teman Tunagrahita!” oleh Lavia Tamrin selaku ketua pelaksana dari event DV SOS 2022. Sebelumnya, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu tunagrahita. Tunagrahita adalah suatu kondisi yang menyebabkan perbedaan pada psikis seorang individu. Anak-anak tunagrahita memiliki keterbelakangan mental yang mengakibatkan individu tersebut memiliki intelek dan kemampuan beradaptasi yang terbatas. Anak-anak tunagrahita pada umumnya memiliki IQ dibawah 70. Karena keterbatasan ini, anak-anak tunagrahita menjadi sulit untuk melakukan aktivitas mereka sehari-hari. Keterbatasan ini juga menuntun pada kesalahpahaman pandangan orang-orang terhadap anak-anak tunagrahita, yaitu mereka memiliki pandangan atau ‘stigma’ bahwa anak-anak tunagrahita itu tidak perlu belajar dan dididik. Padahal, pandangan itu sama sekali tidak tepat. Anak-anak tunagrahita dapat belajar dengan baik. Walaupun kecepatan daya tangkap mereka berbeda, namun mereka masih bisa menangkap maksud dari apa yang telah kita ajarkan.

DV SOS 2022 memiliki tujuan untuk mendukung pendidikan formal maupun non-formal anak-anak tunagrahita, serta mengedukasi masyarakat umum terhadap anak-anak tunagrahita. DV SOS 2022 memiliki 3 rangkain acara, yaitu kampanye online, talkshow, dan pemberian donasi.

Yang pertama adalah kampanye online yang mengangkat tema Learning Together with the Intellectually Disabled, yang dijalankan Senin, 25 Maret – Sabtu, 23 April 2022. Kampanye ini mengajak para peserta untuk membuat video bertema pendidikan sederhana yang akan diberikan kepada anak-anak tunagrahita yang berada di panti Yayasan Tri Asih. Kampanye tersebut dilakukan melalui akun media sosial masing-masing peserta. 

Yang kedua adalah Talkshow DV SOS 2022 dengan tema Fighting Stigma against Intellectual Disability in Education yang dijalankan pada Sabtu, 16 April 2022. bertujuan untuk melawan stigma buruk terhadap anak-anak tunagrahita dalam bidang pendidikan. Melalui talkshow ini diharapkan dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap anak-anak tunagrahita dalam bidang pendidikan. Narasumber pada talkshow kali ini adalah Ika Putri Dewi, S. Psi., Psikolog dan Kevin Surawi, S.M. Talkshow dilakukan melalui ZOOM Meeting dan juga disiarkan secara langsung melalui YouTube DV Entertainment. 

Yang terakhir adalah pemberian donasi pada Sabtu, 30 April 2022 berupa 125 paket alat tulis, 348 perlengkapan mandi (60 pasta gigi, 80 sikat gigi, 16 sabun cair, serta 192 sampo), dan 19 botol minyak kayu putih. Donasi ini diberikan kepada anak-anak tunagrahita yang berada di Yayasan Tri Asih. Donasi diharapkan dapat membantu semangat belajar mereka serta meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap anak-anak tunagrahita. Dikarenakan acara donasi diadakan pada masa pandemi, maka pemberian donasi hanya dihadiri oleh pihak panitia yang berjumlah 5 orang, ibu ketua panti selaku perwakilan dari pihak Yayasan Tri Asih, serta satu anak tunagrahita.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada para sponsor, media partner, peserta kampanye dan talkshow, serta para donatur yang telah mendukung, mengikuti, dan menyukseskan rangkaian acara DV SOS 2022.

Aldo Chung