Cara Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel

Ditulis oleh Wannie Tania

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam kehidupan sehari-hari, teman-teman sering kesulitan untuk lepas dari ponsel, bukan? Mulai dari mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, hingga sekedar mencari hiburan. Namun, teman-teman tahu tidak, sih? Kalau ponsel digunakan setiap hari tanpa jeda, kesehatan baterai pada ponsel dapat terancam, lho! Oleh karena itu, berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai!

a. Hindari penggunaan ponsel di suhu yang tinggi

Baterai dirancang untuk digunakan pada suhu kamar. Jenis baterai yang digunakan pada ponsel merupakan jenis Lithium-Ion, yang sangat sensitif terhadap panas. Teman-teman sebaiknya menggunakan ponsel di ruangan yang sejuk, dan hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung.

b.  Menggunakan charger ponsel yang original

Saat teman-teman membeli ponsel baru, tentunya teman-teman akan mengupayakan cara untuk menjaga ponsel agar dapat digunakan dalam jangka panjang, bukan? Nah, maka dari itu, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan charger ponsel yang original. Selain charger original dapat lebih awet, charger original juga akan menjaga kesehatan baterai ponsel teman-teman karena sudah berlisensi dan memang dirancang khusus untuk keamanan ponsel teman-teman.

c. Melepaskan casing saat mengisi daya

Untuk poin yang satu ini, tentunya agak sulit untuk dilakukan karena akan memakan usaha lebih. Walau begitu, hal ini memang berpengaruh dalam menjaga kesehatan baterai. Sewaktu mengisi daya, ponsel akan terasa sedikit hangat, dan panas tersebut akan terperangkap di dalam casing, sehingga suhu ponsel semakin panas.

Nah, teman-teman sudah tahu beberapa cara sederhana dalam menjaga kesehatan baterai. Jadi, jangan lupa untuk mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

Apakah kamu merasa tertarik dengan artikel informatif seperti ini? Jangan lupa ya untuk mengecek artikel kami yang lainnya di website KMBD.

 

Referensi:

Wannie Tania