Penerapan Wawasan Global di Kehidupan

Written By: Stevanus Ong

Wawasan adalah suatu pandangan ataupun sikap terhadap sesuatu dan global adalah dunia. Sehingga, wawasan global merupakan pandangan ataupun sikap kita terhadap dunia. Perkembangan teknologi di berbagai aspek mengalami perkembangan yang pesat, terutama di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Hal ini menyebabkan berbagai macam informasi dari berbagai negara di penjuru dunia dapat dengan mudah masuk ke suatu negara tanpa mengenal batasan waktu dan tempat.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa efek dari perkembangan globalisasi tidak bisa hindari dari perubahan yang ada dan kita sebagai masyarakat harus memiliki wawasan global. Apabila kita masih memiliki pengetahuan yang sempit, maka kita akan tertinggal. Berwawasan global akan membawa kita mengenali bahwa dunia ini tidak memiliki batasan. Selain itu, kita juga tau cara menghargai perbedaan seperti perbedaan ras, ideologi, warna kulit, dan nasionalisme. Dengan demikian, pentingnya memiliki wawasan global menjadi sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Maka dari itu, sebagai masyarakat harus mempersiapkan diri dalam menghadapi era globalisasi ini dengan cara meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan kita. Menurut Makagiansar (mimbar Pendidikan, 1989) agar kita bisa meningkatkan wawasan global, maka pendidikan memegang peranan penting. Melalui pendidikan, terdapat empat hal yang harus dikembangkan yaitu sebagai berikut:

  1. Kemampuan Mengantisipasi (anticipate), artinya pendidikan berusaha menyiapkan anak didik supaya dapat mengantisipasi perkembangan IPTEK yang bergerak cepat.
  2. Mengerti dan mengatasi situasi (cope), artinya dapat mengembangkan kemampuan dan sikap dari peserta didik untuk menangani dan berhadapan dengan situasi yang baru.
  3. Mengakomodasi (accommodate), artinya dapat mengakomodasi perkembangan IPTEK yang pesat dan segala perubahan yang diciptakan ke kehidupan sehari-hari.
  4. Mereoriantasi (reorient), artinya persepsi dan wawasan tentang dunia perlu diorientasikan kembali karena perkembangan IPTEK dan perubahan sosial yang terus berubah sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas.

Keempat hal tersebut dapat membantu kita untuk memperluas dan membuka wawasan global kita. Jika kita masih berpikir sempit, maka kita akan kalah dan tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lainnya.

Tetapi kita juga masih harus mengingat nilai budaya yang merupakan identitas dan harus tetap kita pertahankan. Pendidikan harus membuka wawasan anak didik dan mengembangkan nilai yang perlu dipertahankan. Sesuai dengan pesatnya arus globalisasi, maka peran keluarga juga sangat besar.

Untuk mewaspadai hal yang tidak diinginkan tersebut, perlu dilakukan beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  1. Kita harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agar kita dapat mewaspadai dampak tidak baik dari wawasan global.
  2. Menguasai informasi dalam berbagai bidang, mengolah dan memahami pesan-pesan yang ada dalam informasi tersebut, kemudian menarik kesimpulan dan menyeleksinya untuk dapat diakomodasi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Memanfaatkan pertemuan ilmiah, seperti seminar, diskusi dan sebagainya agar kita dapat memahami lebih jauh informasi tersebut.

Di era sekarang ini tidak ada nilai-nilai suatu bangsa yang benar-benar sama dan stabil. Setiap bangsa berkembang berkat interaksi dari bangsa lain. Kita harus terbuka kepada dunia luar, tetapi harus tetap mengerti nilai budaya kita sendiri.

Referensi:

https://student-activity.binus.ac.id/kmbd/2020/10/wawasan-global/.

http://sitihamzahrahayu.blogspot.com/2013/12/pentingnya-wawasan-global-dalam.html

https://joko1234.wordpress.com/2010/05/09/pentingnya-wawasan-dalam-perspektif-global/

Stevanus Ong