Ti Akusalama: Lobha, Dosa, Moha

Written by: Adella Gravita

Halo, teman-teman se-Dhamma! Pastinya kalian sudah tahu apa itu Ti Akusalamula, kan? Yups, hal tersebut diartikan sebagai Tiga Permulaan Kejahatan. Di mana, dapat dikatakan karena hal inilah seseorang berbuat perilaku jahat atau bersifat negatif. Nah, kali ini, kita akan membahas serba-serbi dari tiga permulaan kejahatan ini, yuk disimak!

  • Lobha (Keserakahan)

Sebagai manusia yang menjalani kehidupan sehari-hari, wajar apabila memiliki keinginan, kemauan, atau kebutuhan akan sesuatu. Akan tetapi, jika berlebihan, itu sudah termasuk dari Lobha.

Lobha atau yang diartikan sebagai keserakahan, adalah kemelekatan yang berlebihan terhadap suatu hal. Di mana, ini membuat munculnya pemikiran ketidakpuasan akan sesuatu yang dimiliki sehingga selalu mengharapkan yang lebih.

Hal-hal dasar yang dapat diterapkan dalam diri untuk mencegah keserakahan seperti menerapkan diri untuk tidak selalu menuruti keinginan dan mengembangkan ajaran Dhamma yang berlawanan dengan sifat serakah, misalnya berdana.

  • Dosa (Kebencian)

Dosa atau kebencian ini merupakan sikap yang dimiliki seseorang dikarenakan tidak suka akan suatu hal, baik kepada seseorang bahkan diri sendiri. Banyak hal yang menyebabkan kebencian muncul, seperti dendam atau emosi belaka, ada juga dalam bentuk penolakan halus. Inilah yang menyebabkan muncul rasa kegagalan diri, iri hati, cemburu, dan sebagainya,

Untuk menghindari munculnya kebencian dalam diri, maka setiap orang harus menerapkan Panca Sila, yaitu tidak melakukan pembunuhan makhluk hidup, tidak mencuri, tidak berzinah, tidak berbohong, dan tidak minum-minuman memabukkan.

  • Moha (Kebodohan Batin)

Moha yang diartikan sebagai kebodohan batin, adalah sikap yang tidak dapat membedakan perbuatan baik atau jahat sehingga terkadang merasa kejahatan adalah hal yang biasa.

Jika tidak ingin munculnya kebodohan batin dalam diri, maka cobalah untuk mengembangkan Panna atau kebijaksanaan.

Itulah pembahasan mengenai Ti Akusalamula. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua!

Adella Gravita