Food Photography

Makanan merupakan salah satu element yang kuat dalam menunjukan dan memperkenalkan identitas/jati diri suatu lokasi travel maupun sebuah restoran. Untuk alasan inilah, orang-orang berlomba-lomba untuk menghasilkan fotografi makanan dengan tampilan yang bagus sesuai dengan tempat mereka masing-masing untuk menarik simpatisan-simpatisan berkunjung ke tempat mereka.

Food photography merupakan jenis fotografi yang menggunakan makanan sebagai objek pemotretan.

Nah, kali ini KLIFONARA akan membagikan 10 tips dan teknik jitu bagi anda penggilan fotografi makanan untuk bisa menghasilkan foto makanan yang keren dan menakjubkan.

1. GUNAKAN PORSI MAKANAN YANG SEDIKIT
Pada umumnya, setiap orang makan dengan porsi yang terisi penuh, akan tetapi dalam food photography tidaklah demikian. Semakin sedikit porsi makanan yang anda tampilkan dalam sebuah piring, maka hal tersebut semakin baik, karena porsi makanan dalam jumlah yang sedikit akan membawa lebih banyak perhatian pada makanan itu sendiri.

2. GUNAKAN MAKANAN SELAGI MASIH PANAS
Misalnya, jika anda ingin mengambil gambar dengan menggunakan subjek seperti soup dengan tampilan uap yang masih hangat, maka aturlah pengaturan kamera anda sebelumnya dan pastikan bahwa alat peraga atau elemen pendukung lainnya sudah disiapkan. Karena jika persiapan yang anda lakukan tepat, maka anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.

3. MATIKAN ON-CAMERA FLASH ANDA
Flash kamera dapat memberikan efek kurang bagus pada setiap makanan. Hal itu disebabkan karena adanya cahaya dalam jumlah yang cukup besar pada setiap daerah yang berlembab. Cahaya pada kamera bukan hanya mengganggu, tapi juga membuat makanan itu sendiri terlihat berminyak.

4. PERTAHANKAN WARNANYA
Warna yang norak (berlebihan) membuat semua foto terlihat mencolok. Terlepas dari fakta bahwa tidak semua tempat dapat memberikan hasil yang baik dalam pemotretan, maka pastikan bahwa anda telah mempertimbangkan komposisi pencahayaan yang akan anda gunakan dalam menutupi setiap elemen / unsur pemotretan yang hilang yang biasanya memberikan efek yang signifikan pada setiap gambar.
Kombinasi dari berbagai macam warna yang sesuai dan tepat dapat meningkatkan kualitas foto anda. Perhatikanlah perbedaan dari setiap komponen yang ada dalam setiap makanan dan tempatkanlah hiasan atau bahkan alat-alat makan yang memiliki kontras bagus dengan subjek anda.

5. PENCAHAYAAN
Jika anda melakukan pemotretan dengan menggunakan cahaya langsung misalnya sinar matahari, maka gunakanlah diffusor untuk meningkatkan kualitas dari pada cahaya tersebut.

Berikut ini adalah rahasia kecil, ketika anda bekerja dengan menggunakan cahaya alami (Sunlight). Rahasia itu adalah blocking. Seringkali, cahaya sinar matahari yang anda dapatkan jatuh pada latar belakang atau alat peraga anda sehingga menyebabkan cahaya itu menjadi terang atau bahkan lebih terang dari subjek anda. Gunakanlah black card untuk memblokir cahaya yang hendak bersaing dengan subjek anda. Ini juga merupakan teknik yang sangat penting dalam menciptakan bayangan gelap dengan gambar yang bergaya.

6. GUNAKANLAH ANGLE (SUDUT) YANG BERBEDA-BEDA
Angle (sudut foto) yang klasik adalah sejauh mata memandang, yaitu melihat lurus ke bawah dari atas. Meskipun menarik, cobalah untuk tidak menggunakan hal ini sebagai tampilan default karena angle (sudut foto) seperti ini mungkin akan membuat anda kehilangan sesuatu dalam menyoroti elemen penting dari suatu makanan.

7. TAMPILKAN KESEDERHANAAN
Food photography yang bagus menampilkan kesederahanaan dari makanan itu sendiri. Semakin banyak komponen disertakan dalam subjek pemotretan anda, maka hal itu akan mengalihkan perhatian orang dari subjek utama yang hendak anda tunjukan kepada audiens anda. Untuk itu, hindarilah melakukan hal tersebut (menempatkan komposisi terlalu banyak pada subjek pemotretan) agar tidak membuat orang bingung.

8. PERLIHATKAN BAHAN DASAR MAKANAN ITU
Sebagai ornamen yang membuat foto anda lebih fantastis lagi, cobalah untuk menambahkan bahan dasar dari makanan tersebut.

9. FOTO SAMBIL BERAKSI
Coba merekam moment di saat ada sebuah aksi yang sedang dilakukan oleh penyaji makanan tersebut. Misalnya memarut coklat dan menaburkannya di atas sebuah kue. Ini bisa menambah impact yang luar biasa ke foto anda. Action lain seperti memotong, atau menyeduh sup dapat dicoba.

 

Sumber: https://foto.co.id/10-tips-jitu-untuk-menghasilkan-food-photography-yang-keren/