Memotret dalam Gelap

Oleh : Firman Hasnul Hakim

Setiap smartphone memiliki kelebihan dari setiap ukuran megapixel dan fitur menarik yang didapat dalam smartphone. Namun, hal itu semua tidak akan berlaku apabila digunakan untuk memotret ditempat yang gelap, yang pastinya akan memberikan efek bintik-bintik atau grainy disetiap foto ketika diambil ditempat yang gelap. hal ini memang wajar terjadi, karena hasil dari efek sensor kamera yang berukuran kecil yang biasanya digunakan oleh smartphone. Berikut cara-cara efektif untuk membantu mendapatkan gambar yang bagus dalam kondisi gelap.

Gunakan Tripod

Kondisi minim cahaya membuat kamera harus menggunakan shutter speed dalam waktu lama agar cahaya yang masuk lebih banyak saat terekam. Akan tetapi, kondisi ini membuat kamera tidak boleh sama sekali bergerak selama shutter speed terbuka. Jika kamera hanya bergerak sedikit saja, makan gambar yang dihasilkan akan blur.

Cara untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan tripod. Tripod ini  berfungsi untuk membuat kamera tetap stabil agar saat merekam cahaya dapat maksimal mungkin untuk masuk, sehingga ketika ada guncangan sedikitpun gambar yang dihasilkan tidak akan blur.

Jangan Pakai Layar Sebagai Tombol Shutter

Ketika memotret dalam gelap dengan smartphone, maka hal yang tetap dilakukan adalah menjaga stabilitas smartphone. Dan satu hal yang bisa membuat smartphone bergeser dari posisinya ketika memotret adalah dengan menekan layarnya.

Oleh karena itu, hindari menggunakan layar sebagai tombol shutter. Pilih opsi lain untuk memotret, seperti menggunakan tombol volume sebagai tombol shutter, atau bisa juga menggunakan timer. Beberapa produsen earphone pun menyediakan fitur tombol di earphone tersebut untuk digunakan sebagai tombol shutter.

Pakai Senter

Saat pencahayaan benar-benar gelap, langkah yang dapat dicoba adalah dengan menambahkan pencahayaan tambahan untuk dapat menerangi objek yang ingin dipotret. Tidak salahnya menambahkan dengan bantuan senter atau flash kamera untuk menerangi objek yag gelap. Hal ini sangat berpengaruh, selain membantu, cahaya yang dihasilkan pula dapat dijadikan sebagai efek yang merarik pada foto yang dihasilkan.

Manfaatkan Pengaturan Manual

Beberapa smartphone dapat melakukan pengaturan manual, seperti merubah diafragma, shutter speed, ataupun ISO. Pengaturan ini dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto agar terlihat lebih menarik dan sesuai yang diinginkan walaupun dalam kondisi kurang cahaya.

Dengan menaikkan ISO ke angka yang lebih tinggi, maka akan menghasilkan cahaya yang lebih pada foto, namun yang harus tetap diperhatikan yaitu semakin tinggi ISO maka semakin banyak pula noise yang dihasilkan. Jadi, gunakan ISO seperlunya.

Jadikan Hitam Putih

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan namun masih banyak noise yang dihasilkan, maka langkah terakhir untuk menyiasatinya adalah dengan mengubah foto menjadi hitam putih atau menambah efek monochrome. Cara ini akan membantu untuk membuat kesan yang menarik terhadap foto yang penuh dengan noise, dan dengan hitam putih pula dapat memberikan efek sederhana namun menarik jika dapat mengatur kontras foto dan menaikannya sesuai yang diperlukan.

 

Sumber: https://mozaic.mataharimall.com/male/memotret-dalam-gelap-begini-cara-menyiasatinya/