Fotografi Dasar

Oleh : Katherine Sumartonjo

 

  1. Kenalilah Kamera Anda
    Sebagai fotografer, sudah seharusnya anda mengenal kamera anda dengan baik, karena kamera anda adalah “senjata” di “medan perperangan” nantinya. Baca buku panduan dan kenali dengan baik fitur-fitur dan tombol yang ada di kamera anda.
  1. Mengenal Eksposur (Exposure)
    Exposure / eksposur adalah jumlah paparan cahaya yang diterima oleh sensor dalam kamera kita dalam suatu pemotretan. Jika paparan cahaya yang diterima terlalu banyak atau lama, maka hasil foto menjadi terlalu terang / over exposure. Begitu sebaliknya, jika paparan cahaya yang diterima sensor terlalu sedikit atau cepat maka hasil foto menjadi terlalu gelap / under exposure. Hampir semua kamera digital saat ini sudah dilengkapi dengan pengukur cahaya yang akan mengatur paparan cahaya / eksposur / exposure secara otomatis untuk memperoleh hasil yang optimal.
  1. Mengenal Segitiga Eksposur (Exposure Triangle)
    Eksposur dibentuk oleh 3 elemen / pengaturan yang disebut segitiga eksposur atau segitiga fotografi. 3 elemen yang sangat vital dalam fotograi untuk menghasilkan eksposur yang baik adalah: Shutter speed , Aperture / difragma , dan ISO.
  1. Mengenal Lensa
    Kamera terbagi dua yaitu bodi (gear) dan lensa yang dihubungkan ke bodi kamera. Setiap jenis lensa yang berbeda akan menghasilkan foto yang berbeda, karena itu anda harus tau jenis lensa yang cocok untuk menghasilkan foto sesuai dengan keinginan anda.
  1. Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot)
    Ada cara yang benar yang diberlakukan sesuai kaidah fotografi tentang bagaimana cara mengambil gambar yang benar. Aturan ini disebut Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot). Contohnya Extreme Long Shot, Long shot, Medium Shot, Close up, dll
  1. Komposisi Fotografi
    Banyak komposisi yang dapat dipelajari misalnya Negative Space, Fill The Frame, Rule of Third, Diagonal, Pattern, dll
  1. Mengenal Sudut Pandang (Angle)
    Anda dapat mengambil gambar dari sudut pandang yang berbeda misalnya dari atas, sejajar, atau dari bawah. Contoh sudut pandang adalah: Bird Eye, High Level, Eye level, Low Level, Frog Eye, dan Canted Angle.
  1. Settingan Kamera dan Teknik Motret
    Ada beberapa settingan kamera yang perlu anda kuasai dan ini berhubungan erat dengan hasil pemotretan atau kata lain mendukung hasil foto dan kreasi Anda. Selain itu, perlu juga untuk Anda mengetahui beberap teknik dasar yang dibutuhkan dalam pemotretan. Anda juga harus mengenal Light Meter, White Balance (WB),  serta Picture Style dan cara menggunakannya .

 

Sumber  http://www.kelasfotografi.com/