MingDe 14 Juni 2024

Hubungan Bakcang dengan Sembahyang Duan Yang

Pembicara: Dq. Bryna Meivitawanli

      Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, KBMK BINUS University mengadakan kegiatan Ming De yang berlokasi di BINUS University Kampus Kemanggisan di ruang kelas 326, yang diselenggarakan pada pukul 11.20 WIB. Pembicara dalam Ming De kali ini adalah Dq. Bryna Meivitawanli dengan topik “Hubungan Bakcang dengan Sembahyang Duan Yang”. 

     Pada awalnya, Dq. Bryna menjelaskan mengenai apa itu Duan Yang. Menurut Dq. Bryna duanyang adalah keadaan dimana kondisi matahari sedang sangatlah cerah. Selanjutnya Dq. Bryna memberitahu kapan saja umat Konghucu melakukan sembahyang besar kepada Tian. Salah satunya melakukan sembahyang besar kepada Tian pada tanggal 5 bulan 5 Kongzili. Terdapat sebuah cerita dibalik bakcang yang disukai saat musim panas. Zaman dahulu kala, ada seorang penyair dan pejabat di Cina yang bernama Qu Yuan. Qu Yuan sangat setia dengan negaranya, akan tetapi Qu Yuan difitnah oleh para pejabat dari negara sehingga beliau diasingkan. Setelah itu, Qu Yuan mendengar kabar bahwa negaranya mengalami kekalahan yang membuat ia merasa putus asa dan pada akhirnya bunuh diri. Ketika semua orang mencoba mencari tubuh Qu Yuan dan tidak ditemukan, maka mereka akhirnya melemparkan bakcang ke sungai agar ikan-ikan tidak memakan tubuh Qu Yuan. Diakhir, Dq. Bryna membahas tentang perahu naga longchuan. Perahu naga longchuan adalah perahu tradisional yang di gunakan untuk lomba perahu naga. Ming De diakhiri dengan sesi dokumentasi.

      Demikian untuk news Ming De minggu ini, semoga dengan adanya news ini teman-teman dapat terinspirasi untuk mulai membaca sejarah-sejarah agama Khonghucu supaya ajaran-ajaran agama Khonghucu dapat tetap kuat di era modern ini. Shanzai! Terima kasih sudah membaca news kali ini. Sampai jumpa di Ming De berikutnya!

Tommy Wijaya