Buah untuk Sajian Sembahyang

Kalian tau ga sih buah apa saja yang disarankan untuk ada di altar ketika ibadah? Mari bahas satu per satu!

  1. Pisang

Buah pisang dalam bahasa mandarin adalah Xiang Jiao dan pelafalannya identik dengan kata Xiangjiu yang artinya Langgeng. Jenis pisang yang sering digunakan adalah pisang raja atau pisang mas. Pisang diletakkan di sebelah kiri altar.

2. Jeruk

Buah jeruk dalam bahasa mandarin adalah Juzi dan pelafalannya identik dengan kata Jixiang yang artinya Kebaikan. Jenis jeruk yang sering digunakan adalah jeruk bali, jeruk garut atau jeruk siam. Jeruk diletakkan di sebelah kanan altar.

3. Apel

Buah apel dalam bahasa mandarin adalah Pingguo. Pelafalannya identik dengan Pingan yang memiliki arti tentram.

4. Pir

Buah pir dalam bahasa mandarin adalah Liguo. Pelafalan Liguo ini identik dengan bunyi Liyi yang memiliki arti Keberuntungan.

5. Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang dapat disajikan ketika ibadah. Karena sesuai dengan bentuknya yang menjulang ke atas, menandakan kejayaan.

6. Semangka

Buah semangka lebih disajikan ketika upacara pemberangkatan jenazah. Buah ini kelak akan dibanting hingga pecah berkeping-keping dan menghasilkan biji yang bertebaran. Biji semangka yang bertebaran itu menunjukkan berapa banyak jumlah pohon semangka yang akan tumbuh dari sekali pecahan.

Referensi:

Gunadi & Hartono. 2017. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti. http://sman25jkt.sch.id/assets/E-book/Siswa/e-book%20Agama%20Kong%20Hu%20Cu%20kelas%20X.pdf 

Supriyanto. 2023. Enam Buah Ini Menjadi Primadona Saat Perayaan Imlek. https://nusantaratv.com/kamutau/enam-buah-ini-menjadi-primadona-saat-perayaan-imlek

 

Putri Agnes Thalia