Mengapa Imlek identik dengan Merah?

Sumber : https://ilmupedia.co.id/uploads/article/media_upload/21887/1.medcom.id.jpg

Tahun Baru Imlek memiliki keistimewaan yang selalu hadir saat perayaan dimulai. Segala sesuatu yang berbau Imlek dan selalu akrab bagi kita adalah warna merah, mulai dari lampion, baju hingga angpau (Hong Bao). Warna merah identik dengan Imlek karena dipercaya membawa keberuntungan. Imlek juga tidak terlepas dari beberapa simbol yang menarik, seperti:

  • Amplop merah

Biasa disebut Angpau atau “Hong Bao” dalam bahasa Mandarin. Amplop merah berisi uang yang biasanya diberikan kepada anak-anak atau orang dewasa yang masih lajang dan menganggur. 

  • Simbol Naga

    Orang China percaya bahwa naga adalah keturunan makhluk mitos. Pada hari kelima Tahun Baru Imlek ada tarian naga atau barongsai. Naga juga melambangkan kekayaan dan keberuntungan.  

Memiliki asal-usulnya penggunaan warna merah selama Tahun Baru Imlek berawal dari legenda Nian. Dahulu terdapat Binatang buas yang bernama Nian, yang selalu mengganggu masyarakat pada saat Imlek, namun pada suatu hari penduduk memergoki Nian yang sedang ketakutan melihat seorang anak yang menggunakan pakaian merah, semenjak itu warga selalu mewarnai semua benda dengan warna merah menjelang Imlek.

Referensi :

Anwar, I. C. (2023, January 21). Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah. Retrieved from Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah dan Apa Maknanya?: https://www.idntimes.com/life/education/robertus-ari/kenapa-imlek-identik-dengan-warna-merah?page=all

Mutiarasari, K. A. (2022, January 28). Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah. Retrieved from Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah? Ini Cerita di Baliknya: https://news.detik.com/berita/d-5918697/kenapa-imlek-identik-dengan-warna-merah-ini-cerita-di-baliknya

Diven Vixciuson