Cerita Tentang Nabi Khong Hu Cu

Sumber : https://pursuingveritas.com/2015/02/20/ultimate-reality-in-chinese-religion/

Kalian pasti tidak lazim lagi mendengar dengan agama Kong Hu Cu, agama ini sudah menjadi agama yang resmi di Indonesia. Apa kalian tahu bahwa di Kong Hu Cu merupakan seorang nabi yang bijaksana. Dalam memperingati hari ulang tahun nabi Kong Hu Cu, penulis akan menceritakan sedikit tentang nabi Kong Hu Cu.

Kong Hu Cu lahir ketika Raja Muda Siang sedang memerintah Negeri Lo, dengan pengetahuannya yang sangat luas Kong Hu Cu dilengkapi dengan sastra dan permusikan, serta dengan kebijaksanaan yang luar biasa, sehingga Kong Hu Cu dijuluki sebagai nabi. Pada masa itu, nabi Kong Hu Cu berhenti sekolah dan memulai bekerja pada keluarga bangsawan Kwisun, salah satu dari tiga keluarga besar di negeri Lo, selain Beksun  dan Siuksun. 

Pada tahun 525 SM, ketika ibunya meninggal dunia, disaat itu juga nabi Kong Hu Cu berkabung selama 3 tahun tersebut untuk mencari ilmu baru. Pada saat itu, nabi Kong Hu  Cu di usia 36 tahun, beliau mengabdikan diri mendidik generasi muda. Selain itu juga, beliau berkelana keliling dan kembali setelah usia 68 tahun. Kemudian, ajaran nabi Kong Hu Cu diteruskan kepada Cu Si yang masih kanak – kanak seorang pemuda yang cerdas dan tekun belajar dimana menjadi penerus Kong Hu Cu setelah Cing Cu. Ci Su membuktikan kitab yang sempurna (Tiong Yong atau Cung Yung).

Nabi Kong Hu Cu wafat pada Tanggal 18 Bulan 2 penanggalan Imlek Tahun 479 SM. Ia meninggal di usia 72 tahun di Negeri Lo, pada masa kejayaan Raja Muda Ay, Nabi Kong Hu Cu dimakamkan di kota Kiok Hu dekat dengan sungai Su Swi.

Referensi:

Virgiawan , Ryan . 2020 . “Sekilas Kisah Kong Hu Cu, Sang Nabi yang Bijaksana” . https://minews.id/kisah/sekilas-kisah-kong-hu-cu-sang-nabi-yang-bijaksana

Aurelia Samella