Konsep Keselamatan menurut Agama Khonghucu

Menurut agama Khonghucu, apa arti dari keselamatan itu sendiri?

Arti dari keselamatan dari agama Khonghucu ialah suatu pencapaian yang diraih dan didapat oleh mereka yang hidup sesuai dengan ajaran atau nilai kesucian dalam agama Khonghucu.

Lalu, bagaimana isi konsep keselamatan dalam agama Khonghucu?

(Sumber: https://shorturl.at/eBZ57)

Dalam agama Khonghucu, seorang “pengantara” tidaklah dibutuhkan dalam upaya seseorang untuk masuk ke dalam surga. Penyebabnya dalam ajaran agama Khonghucu, berisi konsep bahwa manusia yang lahir dan hidup tanpa dosa di dunia diyakini dapat mencapai surga dengan usaha mereka sendiri.

Pada akhirnya, untuk mencapai keselamatan, para umat beragama Khonghucu diwajibkan mempunyai kesadaran dalam diri akan betapa pentingnya memiliki pemikiran dan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama Khonghucu atau diajarkan oleh Nabi Kongzi. Pemikiran atau perbuatan ini terkait dengan hal-hal dalam segi cinta, ketulusan, kebajikan, kebijaksanaan, hormat, rasa adil, dan lain sebagainya. Ini menunjukkan kita dituntut untuk menerapkan pengamalan yang terkait dengan hal-hal sebelumnya ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

  Sumber: https://shorturl.at/eh578    https://shorturl.at/biqx4

Tidak hanya itu, para umat beragama Khonghucu diharapkan untuk selalu mempunyai jiwa religius dan kesadaran akan pentingnya sembahyang. Sembahyang disini sendiri berarti banyak hal. Salah satunya ialah cara atau upaya berkomunikasi kepada Tuhan dengan mengucapkan rasa syukur, suara hati, dan unak-unak yang dimiliki seseorang. Dengan bersembahyang, kita tidak hanya dapat memperoleh berkat dari Tuhan, namun juga diberikan ketenangan hati dan jiwa bagi mereka yang melakukannya.

(Sumber: https://rb.gy/ruvxb)

Untuk itu, dilihat dari paparan informasi di atas, dapat diketahui bahwa agama Khonghucu mempunyai konsepnya tersendiri tentang keselamatan, dimana mereka yang menginginkan keselamatan harus dapat melakukan usaha tersendiri untuk mencapainya yaitu dengan taat dan bertindak sesuai dengan ajaran agama Khonghucu dan rutin bersembahyang kepada Tian.

Referensi :

Vianny Sutanto