MingDe 3 Maret 2023

Topic : Makna dari Perayaan Imlek hingga Cap Go Meh

Pembicara : Ws. Wiechandra

Pada tanggal 03 Maret 2023, KBMK Binus University mengadakan kegiatan Ming De atau kelas kebajikan secara hybrid. Ming De kali ini kita membahas tentang “Makna dari Perayaan Imlek hingga Cap Go Meh”. Pada kesempatan kali ini KBMK BINUS mengundang Ws. Wiechandra untuk menjelaskan materi seputar makna dari perayaan imlek hingga cap go meh.

Makna Tahun Baru secara Religi

Makna tahun baru imlek bukan hanya sekedar pergantian musim, dan juga bukan hanya sebagai tradisi, tetapi tahun baru imlek ini banyak memiliki makna spiritual, sosial dan budaya. Tahun baru menjadi momentum kita untuk dapat bisa intropeksi diri dan saling bersosialisasi serta berbagi dengan sesama. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (zhēng yuè) dan berakhir dengan cap go meh pada tanggal ke-15.

Sejarah Tahun Baru Imlek

Dimulai pada dinasti Xia, Dinasti ini menetapkan awal tahun barunya jatuh pada 1 bulan yinli (satu Zheng Yue), pada awal musim semi.

Ucapan Tahun Baru yang Benar bagi Umat KHONGHUCU

Sering kita dengar kalimat “GONG XI FA CAI “ atau “ KUNG HI FAT CHOI“, tetapi sebenarnya kalimat ini tidak ada kaitannya dengan tahun baru imlek bagi umat Khonghucu.

Arti dari GONG XI FA CAI adalah SEMOGA ANDA CEPAT KAYA, berasal dari kata KUNG HEI FAT CHOI yang artinya SELAMAT MENJADI KAYA. Penggunaan ucapan ini semakin membuat orang luar menganggap bahwa orang Tionghoa itu sangat materialistis.

Sedangkan kata yang tepat untuk pengucapan tahun baru imlek adalah GONG HE XIN XI, WAN SHI RU YI yang artinya HORMAT BAHAGIA MENYAMBUT TAHUN BARU, SEMOGA BERLAKSA KEBAIKAN BESAR DAPAT DICAPAI.

Pada kesempatan Ming De kali ini para peserta dapat mengenal lebih dalam makna dari perayaan imlek hingga cap go meh, diawali dari makna tahun baru secara religi hingga pengucapan tahun baru yang benar. Semoga materi yang dibawakan hari ini dapat diterima dengan baik oleh para peserta, Shanzai. Sampai bertemu lagi di Ming De selanjutnya!

Diven Vixciuson