Ming De 28 Februari 2022

 

Ming De Online (25 Februari 2022)

Pada tanggal 25 Februari 2022, KBMK Binus University kembali mengadakan kelas kebajikan, atau yang biasa disebut dengan Ming De. Seiring dengan berakhirnya rangkaian acara Imlek 2022 yang diperingati dengan perayaan Cap Go Meh pada tanggal 15 Februari 2022, kami ingin membawa topik Ming De yang berhubungan dengan pergantian tahun dari Shio Kerbau Logam ke Shio Macan Air. Oleh karena itu, tema Ming De kali ini adalah “Seputar Shio di Tahun Macan Air”.

Untuk membawakan topik seputar Shio, kami mengundang Js. Liong Budiwan, seorang pakar astrologi dari MATAKIN. Pertama, sesi dimulai dengan penjelasan mengenai dasar dari setiap ramalan yang didasari ilmu agama Khonghucu. Js. Liong menjelaskan bahwa setiap ramalan yang dibuat didasari oleh tulisan yang ada di Kitab Yi Jing, kitab yang menjelaskan tentang alam semesta. Kemudian, sesi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai unsur-unsur dan kepribadiannya, sekaligus kebajikan yang dimiliki oleh setiap unsur. Selanjutnya, Js. Liong menjelaskan tentang Feng Shui dan dampak-dampaknya pada kehidupan. Setelah pembekalan materi, sesi dilanjutkan dengan pembawaan mengenai ramalan tahun 2022 secara general, serta menurut Shio. Tentunya ramalan yang dibuat seluruhnya berdasarkan kitab Yi Jing.

Sesi kali ini diakhiri dengan sebuah kutipan dari Meng Zi (372-289 BC), “Berlaksa benda tersedia lengkap di dalam diri. Kalau memeriksa diri ternyata penuh Iman, sesungguhnya tiada kebahagiaan yang lebih besar daripada ini. Sekuat diri laksanakanlah Tepasarira, untuk mendapatkan Cinta Kasih tiada yang lebih dekat dari ini!”. Dimana bagaimanapun nasib kita pada tahun-tahun yang akan mendatang, hal yang paling penting adalah untuk memperkuat iman kita, sehingga kita bisa menaklukan segala masalah dan meraih kebahagiaan.

Seluruh peserta dalam sesi Ming De kali ini sangat antusias, dari awal hingga akhir acara. Ming De diakhiri dengan sesi foto bersama dan doa penutup. Sampai jumpa di Ming De selanjutnya!