Sejarah Imlek di Indonesia

Sejarah Imlek di Indonesia

Sebuah peristiwa yang harus diingat seluruh umat Tionghoa di Indonesia adalah peristiwa Inpres Nomor 14 Tahun 1967 tentang Agama Kepercayaan dan Adat Istiadat China. Dikeluarkan oleh Presiden Soeharto pada awal masa jabatannya, selama 32 tahun lamanya, rakyat etnis Tionghoa di Indonesia tidak diperbolehkan untuk merayakan pesta agama dan adat istiadat Tionghoa di muka umum.

Selama 32 tahun lamanya, tidak pernah terdengar musik Mandarin, tidak pernah terlihat huruf-huruf Mandarin, tidak pernah dirayakannya hari besar imlek atau cap go meh. Seluruh rakyat etnis Tionghoa di Indonesia terpaksa merayakan agama dan budaya mereka secara diam-diam di rumah masing-masing. Dapat dibayangkan pahitnya diskriminasi pada para rakyat etnis Tionghoa pada zaman itu.

Kabar baik mulai terdengar oleh para rakyat etnis Tionghoa pada zaman pasca-Reformasi dengan naiknya Presiden Habibie. Pada pemerintahan Presiden Habibie, beliau menerbitkan Inpres Nomor 26 Tahun 1998 yang bertujuan untuk mengangkat aturan-aturan diskriminatif terhadap komunitas Tionghoa.

Akhirnya, pada masa pemerintahan selanjutnya, Presiden Gus Dur mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2000 yang berhasil mencabut Inpres Nomor 14 Tahun 1967 yang dikeluarkan Presiden Soeharto.

Sejak itu, warga Tionghoa di Indonesia dapat merayakan Imlek dan perayaan-perayaan adat lainnya secara bebas.

Kabar baik selanjutnya datang pada tahun 2002 pada masa pemerintahan Presiden Megawati. Presiden Megawati memberikan dukungannya dengan Keppres Nomor 19 Tahun 2002 yang meresmikan Hari Raya Imlek sebagai salah satu hari libur nasional.

Gambar: Perayaan Imlek Nasional 2020 yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sumber: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4164025/perayaan-imlek-nasional-2020-penanda-agenda-budaya-nasional

Mengingat sejarah Imlek yang begitu panjang di Indonesia, penting bagi kami sebagai umat Khonghucu, untuk mengingat peristiwa yang sempat terjadi. Pada zaman sekarang, kami bisa merayakan imlek dengan meriah karena hasil jerih payah para leluhur serta dukungan dari para presiden. Oleh karena itu, rayakanlah imlek dengan hati yang bersyukur, dengan semangat kekeluargaan dan kedamaian.

Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili!

恭喜发财,新年快乐,万事如意, 大吉大利!

Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le, Wan Shi Ru Yi, Da Ji Da Li!

Semoga tahun ini dipenuhi dengan kesehatan, kebahagiaan, dan kedamaian yang berlimpah.

Shanzai.

 

Referensi:

Tan, H. 2012. Tahun Baru Imlek. Diakses tanggal 4 Februari 2022. https://www.tionghoa.info/tahun-baru-imlek/.

Mukaromah, V. 2020. Sejarah Perayaan Imlek di Indonesia, 32 Tahun Dilarang oleh Soeharto. Diakses tanggal 4 Februari 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/19/1447

42365/sejarah-perayaan-imlek-di-indonesia-32-tahun-dilarang-oleh-soeharto?page=all.