Kitab Suci Agama Khonghucu

Penulis: Cheriyencia Kellyn

Kitab Wu Jing dan kitab Si Shu merupakan kitab suci agama Khonghucu yang dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan beragama. Kitab suci Wujing disebut juga dengan kitab suci yang lima. Kitab suci agama Khonghucu mengalami perkembangan yang sangat panjang. Awal mula kitab suci berasal dari Nabi Purba sebelum Nabi Kongzi, ditambah dengan Chunqiujing (kitab / catatan zaman musim semi dan musim rontok) yang ditulis oleh Kongzi, sesuai dengan wahyu Tian, Kongzi kemudian menghimpun sebuah Kitab yang disebut Wu Jing. Kitab suci tertua berasal dari Yao (2357 – 225 SM) atau bahkan sejak Fu Xi (30 abad SM).  Kitab suci yang termuda ditulis oleh cicit murid Kongzi, yakni Mengzi. Di dalam kitab suci tersebut, Mengzi menjabarkan dan meluruskan ajaran Kongzi. 

Kitab suci Wujing disebut juga dengan kitab suci yang lima. Kitab Suci yang lima terdiri dari Kitab Shijing, dimana kitab ini berisikan tentang nyayian religi, pujian akan keangungan Tian dan nyanyian untuk upacara di istana ; Kitab Shujing, didalam kitab ini berisikan sejarah suci agama Khonghucu ; Kitab Yijing yang berisikan tentang penjadia alam semesta, sehingga orang yang mampu menghayati kitab ini akan mampu untuk menyibak takbir kuasa Tian dengan segala aspek ; Kitab Lijing tang berisi tentang aturan dan pokok-pokok kesusilaan dan peribadahan ; Kitab Chunqiujing, kitab yang berisikan pokok ajaran dan sabda Nabi Kongzi sendiri, kemudian dihimpun oleh murid-muridnya dalam sebuah kitab suci yang disebut dengan She Su (kitab suci yang empat).

Agama Khonghucu juga memiliki kitab yang lain, yakni kitab Si Shu. Kitab suci ini dihimpun oleh murid-murid Nabi Kongzi, biasanya disebut dengan kitab suci yang empat. Kitab suci yang empat itu terdiri dari Kitab Daxue yang ditulis oleh Zhengzi, sebuah kitab suci yang berisi bimbingan dan ajaran pembinaan diri, keluarga, masyarakat, negara, dan dunia ; Kitab Zhongyong yang ditulis oleh Zisi atau Kongji (cucu dari Kongzi), merupaka sebuah kitab yang berisi ajaran keimanan ; Kitab Lunyu yang berisi tentang percakapan sehari-hari antara Kongzi dengan murid-muridnya, kitab ini dibukukan oleh beberapa murid utama Nabi Kongzi ; Kitab Mengzi merupakan kitab yang berisi kumpulan percakapan Bingcu dalam menjalankan kehidupan pada masa itu dengan menegakkan ajaran Khonghucu. 

 

REFERENSI

Malaka, T. (2019, August 15). Inilah Sebutan untuk Kitab Suci Agama Khonghucu Berdasarkan Penjelasan MATAKIN. http://bangka.tribunnews.com/. Retrieved from BangkaPos.com : https://bangka.tribunnews.com/2019/08/15/inilah-sebutan-untuk-kitab-suci-agama-khonghucu-berdasarkan-penjelasan-matakin