Audit Around the Computer

Audit around the computer merupakan suatu pendekatan audit yang berhubungan dengan computer. Audit around the computer merupakan kondisi dimana auditor nantinya akan melakukan pengujian dari suatu informasi yang dihasilkan oleh komputer, nantinya akan dilakukan perhitungan dari transaksi yang telah dimasukkan ke dalam sistem. Setelah dilakukan perhitungan, nantinya akan dibandingkan dengan output yang dihasilkan oleh sistem. Audit around the computer, merupakan salah satu kategori audit sistem informasi, yang masuk ke dalam metode audit. Audit around the computer, biasanya dilakukan oleh
seorang auditor yang memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai komputer. Audit around the computer, masuk ke dalam metode auit, karena audit around the computer memperlakukan komputer sebagai black box.

Audit around the computer dilakukan pada saat:
1. Dokumen – dokumen disimpan dalam file, dengan cara yang mudah untuk ditemukan
2. Dokumen sumber tersedia dalam bentuk kertas, dapat dilihat secara visual
3. Sistem computer yang diterapkan masih sederhana
4. Sistem computer yang diterapkan masih menggunakan software yang umum untuk digunakan

Jenis audit around the computer ini cukup dibilang mudah digunakan, dan menggunakan sistem yang cukup sederhana. Tetapi, audit around the computer juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari Audit around the computer:
1. Proses audit menggunakan waktu yang sedikit, karena hanya melakukan audit secara
general (tidak mendalam)
2. Tidak harus mengetahui proses penanganan sitem secara menyeluruh

Kelemahan dari Audit around the computer:
1. Biasanya, database mencakup jumlah data yang cukup banyak, dan sulit untuk dipahami secara manual. Hal ini, membuat auditor harus memahami sistem komputer lebih baik lagi
2. Kemampuan komputer sebagai fasilitas penunjang audit
3. Tidak mencakup keseluruhan dari tujuan audit
4. Lebih rawan terjadi kesalahan, dan kelemahan dalam sistem
5. Jika kondisi berubah, maka sistem akan melakukan penyesuaian (update) dari segi program, data, dan lain-lain.

Dalam pengauditannya, ketika seorang auditor mengujji keandalan dari sebuah informasi yang
telah dihasilkan oleh computer dari transaksi yang telah dimasukkan kedalam sistem. Nantinya, informasi yang telah di kalkulasi itu akan dibandingkan dengan output yang dihasilkan oleh sistem. Apabila ternyata hasilnya akurat, maka sistem telah efektif, dan system bisa berjalan dengan baik.
Untuk menerapkan metode Audit around the computer ini, pertama auditor meninjau dan menguji pengendalian masukan (input controls), kemudian menghitung hasil yang diperkirakan (expected) dari proses transaksi yang terpilih, lalu auditor membandingkan hasil sesungguhnya seperti yang tampak dalam laporan yang dihasilkan dengan hasil yang dihitung secara manual (untuk mendapat keyakinan bahwa proses atau program komputernya sudah benar).
Contoh audit around the computer, misalkan ada suatu perusahaan sedang menjalani audit around the computer, maka orang yang mengaudit akan memeriksa apakah kelengkapan sistem yang diterpakan oleh client sudah sesuai dengan SOP perusahaan atau tidak.

Referensi:

  • https://accounting.binus.ac.id/2020/04/28/kelebihan-dan-kekurangan-teknik-auditberbantuan-komputer/
  • https://osf.io/xzqrf/download#:~:text=Kelebihan%20dan%20kelemahan%20Audit%20Throu
    gh,logika%20pemrosesan%20dari%20system%20aplikasi.
  • https://rinoariffudin.wordpress.com/2016/03/23/perbedaan-audit-around-the-computer-danthrough-the-computer-beserta-prosedur-dan-lembar-kerja-it-audit-tersebut