PEKERJAAN AUDITOR INTERNAL

Najla Namira

Pekerjaan Auditor Internal

Kampus Binus University memiliki banyak jurusan, salah satunya adalah jurusan Informasi Sistem Audit. Berdasarkan namanya, jurusan ini akan mengajarkan beberapa hal seputar audit, tetapi sebelum mengajarkan audit, pada semester awal, jurusan ini akan mengajarkan dasar dari sistem informasi terlebih dahulu agar bisa mengikuti pelajaran dari audit itu sendiri. Tentunya lulusan dari jurusan Informasi Sistem Audit bisa memilih pekerjaan menjadi seorang auditor.

Menurut Wikipedia, Auditor adalah seseorang yang memiliki kualifikasi tertentu dalam melakukan audit atas laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan atau organisasi. Auditor dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu, auditor pemerintah, auditor internal, dan auditor independen.

Auditor Internal adalah seseorang yang bekerja pada suatu perusahaan dan menjadi karyawan pada perusahaan tersebut yang tujuan utamanya adalah untuk membantu manajemen perusahaan tersebut.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang auditor internal, yaitu:

  1. Mencari informasi terkait bagian yang akan diaudit
  2. Melakukan tinjauan dokumen dan persyaratan lain yang berkaitan dengan proses audit
  3. Membuat daftar pertanyaan audit
  4. Meriksa pemeriksaan sistem secara menyeluruh
  5. Mengumpulkan dan menganalisis bukti audit yang cukup dan relevan
  6. Melaporkan masalah-masalah yang ditemukan selama audit internal

Menjadi seorang auditor internal, banyak kualifikasi yang dibutuhkan, antara lain seorang auditor harus independen dan tidak memihak perusahaan yang diaudit, pendengar yang baik, pencatat yang baik, pengamat yang baik, komunikatif, dan tentunya memiliki pemahaman tentang audit dan proses pengauditan.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Auditor

http://konsultaniso.web.id/sistem-manajemen-mutu-iso-90012008/tugas-dan-tanggung-jawab-auditor-internal/

https://jurnalmanajemen.com/audit-internal/