Mengenal Strategi Last-Mile Delivery Berkelanjutan Dalam Rantai Pasok Modern dalam Industri Fashion E-commerce

Sumber : (https://images.app.goo.gl/r5m3wxFs2QhomXVM6)

Seiring meningkatnya ketertarikan masyarakat dalam dunia fashion, terjadi pula peningkatan volume e-commerce dan urbanisasi global terkait proses pengantaran barang ke lokasi konsumen akhir atau last-mile delivery menjadi salah satu titik krusial dalam sistem logistik modern. Menurut (Nils Boysen, Stefan Fedtke, Stefan Schwerdfeger, 2021) “last-mile delivery causes more and more trouble in urban areas all around the globe,” dimana lonjakan permintaan menyebabkan kemacetan, emisi tinggi, serta tekanan pada infrastruktur kota. Maka dari itu, pengembangan strategi last-mile delivery yang berkelanjutan menjadi kebutuhan mendesak demi menciptakan sistem logistik yang efisien dan ramah lingkungan. Strategi last-mile delivery berkelanjutan mengacu pada penggunaan pendekatan distribusi yang minim dampak lingkungan, efisien secara energi, dan tetap memenuhi kebutuhan pelanggan modern. Dalam industri fashion, pendekatan ini dapat meliputi penggunaan kendaraan listrik, sepeda kargo, optimalisasi rute berbasis kecerdasan buatan (AI), serta integrasi micro-fulfillment center (MFC). 

Di Indonesia, transformasi ini mulai terlihat melalui inisiatif beberapa perusahaan seperti Gojek dan Paxel yang mulai menggunakan armada listrik serta pengiriman terjadwal. Solusi seperti parcel locker atau titik pengambilan kolektif juga menjadi strategi populer untuk mengurangi frekuensi pengiriman ke satu per satu rumah pelanggan. Sebagaimana dijelaskan melalui sistem alternative delivery locations (ADLs) seperti pick-up point dan smart locker telah terbukti “reduce delivery failure and vehicle kilometers traveled, thereby improving environmental sustainability”. Selain itu, konsep micro-fulfillment center (MFC) telah terbukti mengefisienkan pengiriman dengan memperpendek jarak tempuh kurir dari pusat distribusi ke pelanggan. Penerapan MFC yang ditempatkan di dekat permukiman padat memungkinkan pengiriman lebih cepat dan lebih hemat energi.

Namun, strategi menuju last-mile delivery berkelanjutan tidak akan optimal tanpa dukungan dari sektor kebijakan dan perilaku konsumen. (Nils Boysen, Stefan Fedtke, Stefan Schwerdfeger, 2021) menyatakan bahwa “increasing customer awareness and novel governmental legislation enforce courier services to intensify the efforts for sustainable and environment-friendly operations”. Kombinasi regulasi insentif kendaraan rendah emisi, promosi pengantaran kolektif, serta edukasi pelanggan terhadap opsi pengiriman ramah lingkungan merupakan bagian penting dari keberhasilan jangka panjang.

Dengan mengintegrasikan teknologi cerdas, desain sistem distribusi yang strategis, serta dukungan konsumen dan pemerintah, strategi last-mile delivery berkelanjutan menjadi pondasi penting bagi logistik masa depan terutama dalam menunjang industri fashion yang berkaitan erat dengan sistem delivery. Inisiatif ini tak hanya mengurangi emisi dan biaya, tetapi juga mendukung transisi menuju kota yang lebih hijau dan lebih tangguh menghadapi perubahan iklim.

Sumber:

Mohammad, W. A., Nazih Diab, Y., Elomri, A., & Triki, C. (2023). Innovative solutions in last mile delivery: concepts, practices, challenges, and future directions. Supply Chain Forum: An International Journal, 24(2), 151–169. https://doi.org/10.1080/16258312.2023.2173488

Boysen, N., Fedtke, S., & Schwerdfeger, S. (2021). Last-Mile Delivery Concepts: A Survey from an operational research perspective. OR Spectrum, 43(1), 1–58. https://doi.org/10.1007/s00291-020-00607-8

Cano, J. A., Londoño-Pineda, A., & Rodas, C. (2022). Sustainable Logistics for e-commerce: A literature review and Bibliometric analysis. Sustainability, 14(19), 12247. https://doi.org/10.3390/su141912247

Viu-Roig, M., & Alvarez-Palau, E. J. (2020). The impact of e-commerce-related last-mile logistics on cities: A systematic literature review. Sustainability, 12(16), 6492. https://doi.org/10.3390/su12166492

Media, K. C. (2025, June 12). Taksi Listrik green SM Sudah Bisa Dipesan Lewat aplikasi gojek. KOMPAS.com. https://otomotif.kompas.com/read/2025/06/12/182100715/taksi-listrik-green-sm-sudah-bisa-dipesan-lewat-aplikasi-gojek#google_vignette

Paxel Gandeng Swap Energi, Kurir Bakal Pakai motor listrik. (n.d.-f). https://id.techinasia.com/gandeng-swap-energi-kurir-perusahaan-logistik-paxel-migrasi-ke-motor-listrik

 

Patricia Keva Andrea