Menerapkan Last Mile Delivery dalam Kemajuan UMKM

(Sumber: jasacargomurah.com)

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) kerap berkembang seiring dengan berkembangnya waktu. UMKM merupakan sektor yang mendominasi struktur ekonomi Indonesia. Transaksi jual-beli UMKM pun dapat diakses melalui e-commerce maupun aplikasi yang menunjang transaksi UMKM selayaknya seperti GoFood dan GrabFood. Pelanggan tidak perlu membuang energinya untuk datang ke toko penjual dan mengantre untuk membeli.

Pelanggan pun sering memesan sebuah produk dan membutuhkan produk tersebut dengan cepat, maka telah diciptakan sebuah layanan logistik same day delivery untuk mengantarkan produk tersebut dengan aman dan dapat diterima oleh pelanggan dengan hitungan jam. Last Mile Delivery (LMD) memegang peran krusial dalam proses logistik tersebut, memastikan produk dapat diterima dengan keadaan semula, tanpa ada kecacatan pada produk agar tetap menjaga user satisfaction atau kepuasan pelanggan terhadap layanan LMD dan tetap menjaga ketentuan persyaratan dari pengiriman.

Beberapa tahun terakhir, Last Mile Delivery telah menjadi pilar utama dalam e-commerce, menjadikan sebuah layanan antar pelaku UMKM dan konsumen. Sebuah penilaian akan sebuah kualitas produk sangat membantu keberlangsungan usaha pelaku UMKM. Hal ini merupakan suatu contoh langkah krusial karena kualitas layanan pada konsumen ditentukan oleh kurir yang mengirimkan pesanan. Penilaian yang buruk terhadap kurir dalam memberikan layanannya dapat menimbulkan perasaan dan tanggapan negatif dari konsumen, seperti tidak ingin membeli kembali produk dari pelaku UMKM yang dinilai buruk tersebut.

Last Mile Delivery telah menjadi langkah penting dalam perkembangan UMKM yang tumbuh dengan seiring waktu. Last Mile Delivery hadir sebagai penyedia layanan logistik antar pelaku UMKM dan konsumen dengan ketentuan persyaratan yang harus dijaga dari pengiriman. Pelayanan Last Mile Delivery pun berperan dalam keberlangsungan UMKM, kurir akan layanan LMD harus tetap menjaga produk agar tetap berkualitas baik sehingga kepuasan konsumen tetap terjaga dengan baik.

Sumber:

Setyawan, I., Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Kualitas Layanan Last-Mile Delivery: Studi Komparasi Dua Layanan Pesan-Antar Makanan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2050. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2692

Vrhovac, V., Vasić, S., Milisavljević, S., Dudić, B., Štarchoň, P., & Žižakov, M. (2023). Measuring E-Commerce User Experience in the Last-Mile Delivery. Mathematics, 11(6). https://doi.org/10.3390/math11061482

Nazara Syifa Hadrini