Era Baru Armada Kendaraan Listrik

(Sumber: mceasy.com)

Dalam dunia yang perkembangannya sangat pesat dalam segala aspek, tak dapat dipungkiri bahwa aspek teknologi merupakan aspek yang paling maju untuk saat ini. Salah satu bentuk nyatanya adalah dengan semakin pesatnya teknologi dalam bidang logistik, yakni kendaraan listrik. Hal ini juga dipengaruhi dengan tingkat polusi udara yang terus meningkat di Indonesia, terutama di kota Jakarta. Konsep ramah lingkungan yang ditawarkan juga menambah poin dalam peralihan ke kendaraan listrik. 

Penggunaan kendaraan dengan tenaga listrik juga dibuktikan mengenai efisiensinya. Kemampuan baterai kendaraan listrik juga sudah teruji, yang didukung dengan banyaknya infrastruktur pendukung yang sudah diperluas sehingga memperkuat kehadiran kendaraan listrik di sektor logistik. Selain aspek tersebut, penggunaan kendaraan listrik juga dapat menekan biaya transportasi dengan cukup signifikan. Pengiriman jarak jauh yang sering kali menjadi penyumbang terbesar dalam dana pengiriman dapat diatasi dengan penggunaan kendaraan listrik. Pengurangan biaya bahan bakar seperti bensin atau solar juga menjadi alasan pengurangan biaya transportasi pada logistik. Efisiensi waktu dalam pengiriman menggunakan kendaraan listrik juga dapat lebih optimal. Selain itu, biaya juga dapat ditekan dikarenakan biaya perawatan atau maintenance lebih minim. Penggantian oli sampai dengan pengecekan mesin filter tidak perlu dilakukan. 

Kendaraan listrik merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang semakin pesat dan juga inovatif, terutama dalam bidang logistik. Penggunaan kendaraan listrik dapat meningkatkan tingkat efisiensi serta pengoptimalan proses logistik di Indonesia. Penerapan ini juga diharapkan dapat membuat sektor logistik di Indonesia menjadi semakin maju dan juga berkelanjutan yang tetap menjunjung nilai keramahan lingkungan.

Sumber:

1. McEasy. (2022, December 21). Retrieved from https://www.mceasy.com/blog/otomotif/truk/truk-listrik-dan-dampaknya-pada-logistik/

2. Raharja, E. (2023, July 14). Retrieved from https://www.medcom.id/otomotif/mobil/Obz0oexK-perusahaan-logistik-di-indonesia-mulai-pakai-mobil-listrik

Klara Callista Wirianto