Metaverse Today: Bringing the Stadium Home
(Sumber: thebrag.com)
Istilah metaverse pertama dicetuskan oleh seorang penulis asal Amerika Serikat bernama Neal Stephenson melalui novelnya yang berjudul “Snow Crash” yang terbit di tahun 1992. Secara umum, metaverse adalah dunia virtual yang saling menghubungkan manusia dari seluruh penjuru dunia tanpa batas melalui perangkat yang dinamakan virtual reality (VR) glasses. Para pengguna hadir di dunia metaverse sebagai seorang avatar yang dapat dimodifikasi sesuai keinginannya masing-masing yang berperan sebagai “manusia” yang menjalankan hidup mereka di dunia virtual ini. Keunikan fitur dan kemampuan yang dimiliki metaverse tentu telah berdampak kepada berbagai industri saat ini, salah satunya adalah industri media dan hiburan. Kehadiran metaverse dapat membawa stadium olahraga ke rumah; individu dari berbagai penjuru dunia dapat hadir di tempat yang sama hanya dengan modal kacamata VR dan kursi nyaman di kamar.
Dengan metaverse, para penggemar pertandingan olahraga di Indonesia dapat menyaksikan pertandingan sepak bola di Brazil tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke negara tersebut. Metaverse memiliki kemampuan untuk menciptakan tampak dan suasana stadion bola selayak wujud aslinya dalam bentuk virtual dan augmented reality, sehingga semua orang dapat “menghadiri” pertandingan tersebut tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan ini, para penggemar olahraga dapat memodifikasi avatar-nya dengan jersey tim kesukaan mereka, menyoraki pemain saat tercetaknya goal, dan suasana seru lainnya yang dirasakan oleh para pengunjung stadium tersebut di dunia nyata. Meski keasikan ini dapat dirasakan secara universal oleh manusia dari berbagai penjuru dunia, namun terdapat beberapa aktivitas olahraga yang selayaknya diadakan di dunia nyata saja, seperti piala dunia dan segala kemeriahan yang meliputinya.
Selain pertandingan olahraga, metaverse bahkan telah mengadakan konser virtual pertamanya pada tahun 2020 silam. Konser metaverse sempat ramai dibicarakan di tengah ketatnya protokol kesehatan pada saat itu. Manusia di seluruh penjuru dunia sudah jelas mulai jenuh dengan terpaksa melakukan segala aktivitas dari rumah. Dengan itu, terbitlah konser-konser virtual di metaverse dengan menghadirkan avatar dari masing-masing artis untuk tampil di acara tersebut. Sebagai bentuk pelarian dari kejenuhan tersebut, jutaan manusia hadir melalui avatar masing-masing untuk menyaksikan musisi favorit mereka tampil dalam bentuk secara virtual. Kehadiran metaverse ini memberikan kesempatan yang rata untuk semua orang dari berbagai penjuru dunia untuk hadir di konser yang sama tanpa harus keluar rumah sekalipun. Meski dapat cukup hemat di ongkos, namun sesungguhnya pengalaman menonton konser secara virtual tidak dapat menyaingi kesenangan menonton konser di dunia nyata dengan bertemu artis yang ditonton secara langsung—bukan bentuk animasi avatar yang telah dibuat.
Metaverse telah membawa perubahan baru kepada industri media dan hiburan dunia yang dapat merubah budaya menonton pertandingan atau konser di masa depan. Kedua aktivitas tersebut dapat “dihadiri” langsung oleh penonton dari seluruh penjuru dunia. Dunia virtual ini memberantas batas-batasan yang dimiliki dunia nyata. Inovasi ini membuka pintu baru untuk masa depan industry media dan hiburan yang lebih fleksibel dan mudah diakses oleh lebih banyak orang. Dengan kecanggihan metaverse, keasyikan menonton pertandingan olahraga ataupun konser pun dapat dibawa pulang untuk dirasakan keasyikannya secara langsung dari rumah.
Sumber:
1. Jack Tien-DanaUpdated Jul 21, 2022 9:12pm. (n.d.). Ten major artists who have performed in the metaverse // one37pm. // ONE37pm. Retrieved April 5, 2023, from https://www.one37pm.com/music/ten-major-artists-who-have-performed-in-the-metaverse
2. Fitria Rahmawati, M. N. (2022, June 29). 6 daftar Industri Yang Raup Keuntungan di Metaverse. Sampaijauh.com. Retrieved April 5, 2023, from https://sampaijauh.com/6-daftar-industri-yang-raup-keuntungan-di-metaverse-16416
3. Newman, L. (2022, December 19). 7 ways the metaverse could change the entertainment industry. MUO. Retrieved April 5, 2023, from https://www.makeuseof.com/how-metaverse-change-entertainment-industry /