Metaverse dalam Industri Komunikasi
(Sumber: fleksy.com)
Metaverse merupakan konsep dunia virtual dimana para pengguna dapat merasakan komunikasi virtual yang saling berhubungan secara lebih mendalam. Metaverse sendiri kini sering menjadi topik pembicaraan di berbagai industri salah satunya industri komunikasi. Platform sosial media untuk berkomunikasi seperti Facebook dimana perusahaan tersebut melakukan rebranding dengan menggunakan konsep metaverse. Konsep metaverse dalam industri komunikasi ini dapat memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui avatar digital sehingga terciptanya pengalaman baru dalam berkomunikasi.
Metaverse dalam industri komunikasi mampu untuk membuat pengalaman komunikasi lebih realistis meskipun virtual. Misal dalam dunia bisnis, metaverse mampu menyediakan tempat pertemuan para pebisnis ataupun melakukan interaksi interaktif saat ingin mempresentasikan produk kepada pelanggan. Metaverse dalam dunia pendidikan juga dapat digunakan sebagai platform pembelajaran yang interaktif dimana siswa dapat belajar melalui dunia virtual. Metaverse juga memungkinkan banyak orang untuk berkomunikasi secara global dan mampu mencakup banyak bidang.
Metaverse kini memiliki potensi besar terutama dalam industri komunikasi dan mampu memberikan pengalaman yang baru dalam komunikasi serta interaksi antar banyak orang. Pengembangan metaverse sendiri masih dalam tahap memastikan keamanan dan privasi untuk pengguna platform tersebut, namun potensi yang dimiliki masih bisa dibilang cukup besar. Platform ini masih harus tetap dipantau dan dipastikan perkembangannya sebagai teknologi bar.
Sumber:
1. Ravescraft, E. (2022, April 25). What is the Metaverse, Exactly? Retrieved from Wired.com: https://www.wired.com/story/what-is-the-metaverse/