Pariwisata Indonesia di Genggaman Metaverse

(Sumber: CNBC Indonesia)

Indonesia adalah negara yang memiliki sejuta keindahan alam, sejarah yang menarik, monumen budaya yang mempesona yang mampu membawa turis dari mancanegara untuk datang mengelilingi Indonesia. Sektor industri pariwisata basisnya berasal dari kekreatifan manusia dalam mengolah kekayaan alam menjadi mata pencaharian di bidang ekonomi dan saluran tersebarnya keindahan alam yang menjadi pendidikan di budaya Indonesia. Tentunya kekayaan alam yang indah jika di sebar luaskan secara mentah-mentah, alhasil dapat menjadi rapuh dan kehancurannya mempengaruhi hal sensitif di bidang budaya. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, Indonesia mengeluarkan platform digital yang tidak hanya untuk mengurangi kerugian dari pariwisata umum namun dapat memberi akses lebih mudah bagi turis mancanegara yaitu WonderVerse Indonesia.

Promosi secara digital telah membawa perhatian dari berbagai manusia dari banyak negara. WonderVerse Indonesia merupakan platform promosi pariwisata Indonesia yang menggunakan metaverse untuk mendapatkan atensi tingkat mancanegara dengan digitalisasinya. Pasar virtual yang didirikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengundang pelaku industri dan UMKM untuk turut serta mengisi produk ekonomi kreatif. WonderVerse Indonesia dapat diakses di desktop, di dalam aplikasi ini pengguna dapat bermain, mengenal budaya, dan mencari informasi tentang pariwisata Indonesia. 

Pariwisata merupakan sektor industri ekonomi kreatif terbesar di Indonesia. Memiliki keindahan alam, budaya, dan sarana informasi yang dapat dipasarkan kepada turis luar negeri. Pasar yang luas dalam mencapai atensinya dapat menggunakan teknologi dan digitalisasi yaitu Metaverse. Digabungkannya Metaverse dengan pariwisata Indonesia, menghasilkan sebuah platform bernama Wonderverse Indonesia. Mempunyai keindahan alam, budaya dan informasi di dalam dunia digital sangat berpengaruh untuk membuka peluang lebih besar dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia.

Sumber:

1. Nurhikmah, S. (2020, 09 02). artikel rumah 123. Retrieved January 14, 2021, from rumah123: https://artikel.rumah123.com/jumlah-pulau-di-indonesia-beserta-penjelasan-sejarah-letak-dan-luasnya-64427 

2. Anam, K. (2022, Agustus 22). Kemenparekraf & Magnus Digital Ciptakan WonderVerse Indonesia. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220817103754-37-364410/kemenparekraf-magnus-digital-ciptakan-wonderverse-indonesia 

Alexandra Catherine Djunaedi