Industri Pangan sebagai Penunjang Kesehatan Masyarakat Indonesia

(Sumber: http://www.netmediaekonomi.com/info/xx/1263)

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati yang besar. Keanekaragaman sumber daya hayati tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang kaya bahan pangan dan berpotensi tinggi sebagai produk olahan pangan. Indonesia memiliki berbagai produk olahan pangan yang dapat dikembangkan, misalnya kunyit dan temu putih untuk menjaga kesehatan secara alami. Dengan alasan mutu dan keamanan pangan yang diproduksinya, industri pangan mempunyai pengaruh langsung terhadap tingkat kesehatan dan status gizi individu konsumennya. Hal ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan industri pangan sebagai penunjang utama kesehatan masyarakat Indonesia.

Dalam mewujudkan visi dan misi industri pangan sebagai penunjang kesehatan masyarakat, industri pangan perlu memastikan keamanan serta mutu dan gizi produk pangan sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam menyusun menu yang sehat. Prakarsa industri pangan yang secara langsung berpotensi dalam meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat dapat dilakukan dengan cara menyediakan produk pangan yang aman dan bermutu, antara lain dengan melakukan evaluasi mutu dan kandungan gizi pangan yang diproduksi, melakukan pengendalian terhadap beberapa zat gizi yang menjadi permasalahan kesehatan publik, serta menciptakan produk pangan baru sebagai solusi permasalahan gizi dan kesehatan masyarakat. Selain itu, prakarsa industri pangan yang secara tidak langsung berpotensi dalam meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, antara lain dengan mengembangkan kebijakan pelabelan dan iklan yang lebih informatif dan edukatif, serta membuat program pendidikan masyarakat yang mendorong gaya hidup sehat. 

Industri pangan memiliki peran yang penting karena berhubungan langsung dengan pangan, gizi, dan kesehatan individu. Pangan sehat dan berserat harus menjadi panduan dalam olahan pangan ke depan agar generasi mendatang tetap terjaga imunitas tubuhnya dengan asupan gizi yang seimbang dari produk olahan pangan yang dikonsumsinya, Oleh karena itu, pembangunan industri pangan nasional sebaiknya mempunyai visi, misi, serta arah pembangunan sistem pangan nasional yang terstruktur dalam rangka peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat Indonesia. Peran strategis industri pangan ini perlu disadari oleh pelaku industri maupun pemerintah agar seluruh pihak dapat menjalankan perannya dengan penuh tanggung jawab dan kecukupan konsumsi pangan sehat seluruh masyarakat Indonesia dapat terpenuhi, sehingga terbentuk populasi dengan status kesehatan dan gizi yang baik. 

Sumber: 

Bardono, S. (2020, 29 Juli). Industri Pangan Berperan Penting dalam Ketersediaan Pangan Sehat. Technology Indonesia. Diakses 10 Mei 2022 dari http://technology-indonesia.com/pertanian-dan-pangan/inovasi-pertanian/industri-pangan-berperan-penting-dalam-ketersediaan-pangan-sehat/?msclkid=4ac821a2cea611eca408e4e495524750 

Hariyadi, P. (2021). INDUSTRI PANGAN DALAM MENUNJANG KEDAULATAN PANGAN. Merevolusi Revolusi Hijau, 74. 

Keshia Dhia Zamira