Dibalik Suksesnya Indomie di Kancah Internasional
(Sumber: https://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/indomie-kpop-6.jpg)
Kehidupan manusia tidak terlepas dari kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Semua hal tersebut membantu manusia untuk bertahan hidup. Sandang merupakan bahan pakaian, pangan merupakan makanan, dan papan merupakan tempat tinggal. Tidak hanya sebagai kebutuhan pokok, beberapa orang juga membuka industri di bidang-bidang tersebut. Salah satu contohnya adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang bergerak di bidang pangan. PT Indofood Sukses Makmur berdiri pada tahun 1971. Pada awalnya, nama merek yang digunakan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah Indomie dengan rasa kaldu ayam. Hingga sekarang, perusahaan ini telah memiliki 36 pabrik, lebih dari 10 merek dengan 150 rasa dan jenis distributor yang melayani hampir 150 ribu outlet.
Indomie merupakan salah satu brand yang berhasil meraih image yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan mi instan yang selalu erat kaitannya dengan Indomie. Kepopuleran Indomie nyatanya tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di luar negeri. Indomie dapat ditemukan di beberapa negara seperti Malaysia, Syria, Saudi Arabia, dan beberapa negara lainnya. Dibalik itu semua, Indomie memiliki strategi pemasaran yang konsisten yaitu acceptability dimana rasa Indomie yang dapat diterima oleh konsumen, availability yaitu produk Indomie yang mudah ditemukan dan didapatkan dimana saja, dan affordability dimana harga per buah yang terjangkau oleh konsumen. Berkat strategi ini juga, Indomie berhasil memperoleh peringkat pertama di Top Brand Index tahun 2008. Selain itu, Indomie juga memiliki tagline iklan yaitu “Indomie… seleraku” yang sudah tidak terdengar asing lagi.
Dengan langkah pemasaran yang teratur dan pengembangan merek oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie berhasil dikenal luas oleh masyarakat dari Indonesia dan diluar Indonesia. Dengan strategi pemasaran yang dilakukan, Indomie mampu tertanam di benak masyarakat. Indomie telah dikenal sebagai mi instan khas Indonesia dengan rasa Nusantara dari daerah-daerah di Indonesia dan praktis disajikan serta dapat dinikmati dengan lauk pauk.
Sumber:
Izzaty, W., & Islami, N. (2021). Indomie Product Marketing Strategy in Entering International Marketing. International Journal of Social Research, 66-67. https://internationaljournallabs.com/ijsr/index.php/ijsr/article/download/5/15