Industri Fashion berpengaruh terhadap perkembangan Indonesia

Sumber: (https://statik.tempo.co/data/2015/03/02/id_375690/375690_620.jpg)

Kebiasaan manusia akan selalu berkaitan dengan adanya fashion terhadap manusia yang tidak dapat dipisahkan dengan gaya hidup seseorang. Fashion dapat diartikan secara singkat, yaitu pola pikir gaya hidup yang populer terhadap suatu budaya akan berdampak ke penampilan seseorang. Fashion memiliki ruang lingkup luas yang mencakup gaya hidup seseorang tidak hanya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian akan tetapi mengenakan sepatu, tas, aksesoris, model rambut, dan make up termasuk dengan fashion. Fashion memiliki manfaat dan fungsi diantaranya, fashion sebagai alat sarana komunikasi, fashion sebagai identitas diri penanda atas kelas sosial, dan fashion sebagai penanda atas kelas sosial.

Industri fashion sangat beragam bahkan bermacam merek dengan asal berbeda. Fashion yang dijualkan di Indonesia bermerek internasional dan nasional. Merek internasional meliputi Channel, Louis Vuitton, Gucci, Nike, Adidas, Puma, Coach, Rolex, dan lain-lain. Sedangkan, merek nasional meliputi Erigo, Buttonscarves, Major Minor, Elhaus, Matoa, Sagara, dan lain-lain. Brand nasional mempunyai istilah lain di kalangan biasanya disebutnya brand lokal. Brand lokal yang disebutkan sudah mendunia. Produk yang sudah mendunia akan membuka pasar global yang dapat bersaing dengan brand internasional, hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap kenaikan ekonomi dan memperbesar lapangan kerja yang di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang menggunakan brand lokal dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan mencintai produk dalam negeri. 

Indonesia juga memiliki fashion yang tidak hanya memiliki brand, produk ini sudah ada dari beberapa tahun lalu. Salah satu contohnya batik, batik sudah banyak negara yang mengakui kecantikannya. Batik juga sudah dapat di impor ke luar negeri. Akan tetapi saat ini kalang remaja masih banyak yang kurang menyukai batik. Mereka beranggapan bahwa batik memiliki karakter terkesan kuno karena batik biasanya digunakan oleh kalangan dewasa atau tua. Meskipun batik terkesan kuno, saat ini sudah beredar batik bergaya modern. Hal tersebut untuk mengikuti arus perkembangan zaman sekarang. 

Perkembangan zaman berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang sama halnya dengan fashion. Fashion sangat berkaitan dengan karakteristik seseorang yang dapat membuat kenyamanan saat menggunakannya. Brand lokal maupun internasional sangat banyak beredar Indonesia, semua kalangan dari golongan anak-anak sampai tua menggunakan brand tersebut. Akan lebih baik menggunakan brand lokal sehingga dapat memberikan dukungan terhadap kemajuan pasar fashion di dunia. Kecintaan seseorang terhadap produk dalam negeri harus ditanamkan di diri masing-masing. 

Sumber :

https://fitinline.com/article/read/pengertian-fungsi-dan-manfaat-fashion-yang-penting-untuk-anda-ketahui/ 

Elfan Alfiano