Kekurangan Rantai Pasok? Masyarakat Indonesia Menciptakan Perekonomian Baru

(Sumber: (Majalah Franchise.com, 2020))

Membangun dan Mengelola Supply Chain di Bisnis Franchise

 

Pemerintah mengakui bahwa Indonesia sempat mengalami kekurangan kontainer beberapa waktu lalu selama pandemi. Hal tersebut berdampak pada kegiatan ekspor-impor menjadi terhambat. Pemerintah menjelaskan bahwa barang yang akan dikirim serta target pembelinya sudah siap, hanya saja kontainernya tidak tersedia. 

Selama pandemi berlangsung, sektor logistik di Indonesia terdampak cukup besar akibat pergerakan yang terbatas. Meskipun begitu, tidak semua usaha logistik tertekan dengan adanya pandemi di Indonesia. Sektor logistik yang terhubung dengan e-commerce justru mendapatkan dampak yang positif karena banyak masyarakat yang melakukan segala aktivitas atau bahkan bekerja dari rumah. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan logistik yang dapat bertahan bahkan mengalami peningkatan yang positif adalah jasa logistik e-commerce, jasa angkutan barang kiriman, jasa pergudangan dan barang retail, dan jasa layanan logistik yang berhubungan dengan transaksi business to consumer dan consumer to consumer.  Berkembangnya sektor logistik yang terhubung dengan e-commerce menciptakan ekosistem ekonomi digital menjadi tulang punggung pertumbuhan perekonomian di masa pandemi. 

Aktivitas logistik e-commerce di Indonesia meroket hingga 69% sejak pandemi melanda. Hal ini turut meramaikan lalu lintas logistik darat. Oleh sebab itu, tentu para pelaku ekonomi tanah air dapat memanfaatkan peluang besar di sektor e-commerce tersebut.

 

Sumber:

Institut Teknologi Harapan Bangsa. (2021). Transportasi Logistik: Peluang di Tengah Pandemi. Diakses pada 20 Desember melalui https://www.ithb.ac.id/article/Transportasi-Logistik:-Peluang-di-Tengah-Pandemi-45

Eirinne Carenina de Poere