Antisipasi Kekurangan Kontainer terhadap Ketersediaan Barang

Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.kuehne-nagel.com%2F-%2Fknowledge%2Fmarket-insights%2Fkontainer-shortage&psig=AOvVaw0S0ms6_Lxj4rLWiOQikpvO&ust=1639244400250000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCIj1jrXj2fQCFQAAAAAdAAAAABAT)

 

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi berbagai sektor yang ada di seluruh negara, seperti di bidang logistik, manufaktur, dan perdagangan. Ketiga sektor ini merupakan tiga sektor yang saling berhubungan di bidang industri. Kekurangan kontainer dan pengaruhnya ketersediaan barang merupakan salah satu contoh dampak yang ditimbulkan dari adanya COVID-19. Kekurangan kontainer ini disebabkan karena masing-masing negara menerapkan peraturan mengenai keterbatasan di berbagai bidang, contohnya di bidang ekonomi. Adanya keterbatasan di bidang ekonomi menyebabkan banyak pihak yang mengurangi jumlah karyawan yang ada dalam perusahaan logistik yang akhirnya menyebabkan berkurangnya kontainer yang dapat digunakan untuk pengangkutan barang terutama di bidang ekspor-impor. 

Berkurangnya kontainer dalam kegiatan ekspor-impor tentunya rawan dan perlu diantisipasi. Terutama bagi negara-negara yang mengalami berbagai penurunan ekonomi, peran kontainer sebetulnya sangat penting. Negara-negara pengekspor barang tidak bisa mengirimkan barangnya tepat waktu akibat kekurangan kontainer. Akibatnya, beberapa negara pengimpor harus menunggu lama untuk ketersediaan barang. Apabila barang yang ada semakin sedikit, harga barang pun naik dan dapat menyebabkan inflasi. Apabila suatu negara melakukan ekspor dan kontainer yang ada tidak mencukupi kapasitas ekspor, maka pengiriman dapat tertunda sehingga menyebabkan keterlambatan dalam logistik keluar negeri. Hal ini yang perlu dijadikan pertimbangan bagi pemerintah untuk bisa memenuhi kebutuhan dan kapasitas kontainer yang tepat agar proses logistik pun tetap berjalan dengan lancar walaupun dalam masa pandemi seperti sekarang ini. 

Kondisi ekonomi di berbagai negara di dunia saat ini pun sudah mulai membaik, karena angka COVID-19 pun sudah menurun. Dengan begitu, seharusnya kesulitan di bidang logistik ini dapat diperbaiki oleh pihak pemerintah maupun swasta yang memiliki perusahaan logistik kontainer. Dengan adanya kelancaran kontainer, maka ketersediaan barang pun dapat terpenuhi. 

Sumber:

Wardhono, D. T. (2020, 12 15). Ekspor dan Antisipasi Container Shortage. Retrieved December 10, 2021, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ddjarott/5fd84b32d541df63521776d2/ekspor-dan-%09antisipasi-container-shortage#google_vignette

Why does the current container shortage happen? (n.d.). Retrieved December 11, 2021, from Kuehne Nagel: https://id.kuehne-nagel.com/-/knowledge/market-insights/container-shortage

Tsania Qurrota Aini