Penerapan AI pada Pendidikan di Indonesia

Sumber: (https://1.bp.blogspot.com/-nOVSm9LSezs/Wk8UP_M4M4I/AAAAAAAAEVQ/Rx17xYXZah0K7pnSksOimgzEXinUgnZkQCLcBGAs/s1600/shutterstock_680929729.jpg)

Penerapan AI di Bidang Pendidikan

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu pengaruh dari perkembangan revolusi industri 4.0. Artificial Intelligence adalah teknologi yang memungkinkan sebuah sistem, baik itu sistem komputer, robot, ataupun program untuk berpikir dengan cerdas seperti manusia. Penerapan Artificial Intelligence terjadi di berbagai bidang seperti bidang pertanian, bisnis, pendidikan, dll.

Penerapan AI di bidang pendidikan diterapkan dengan berbagai cara, seperti personalisasi berbasis AI, Voice Assistant, dll. Personalisasi berbasis AI merupakan sistem yang memungkinkan untuk melakukan personalisasi pembelajaran untuk setiap orang ataupun murid. Sistem ini menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan, cara belajar serta pengalaman setiap orang atau muridnya. Voice Assistant yang merupakan contoh penerapan AI lainnya di bidang pendidikan memungkinkan murid untuk berinteraksi dengan materi tanpa harus berinteraksi dengan guru ataupun dosen. Contoh dari Voice Assistant adalah Amazon Alexa, Microsoft Cortana, dll.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta sudah mulai menerapkan penggunaan AI di bidang pendidikan. Prodi pendidikan bahasa Inggris memiliki Center of Technology Assisted Language Learning, yaitu pusat pembelajaran bahasa inggris yang menerapkan Artificial Intelligence, Virtual Reality, Augmented Reality, dll. Selain itu, prodi bimbingan konseling juga membuat aplikasi Simposidu (Sistem Informasi Terpadu) yang fungsinya adalah memfasilitasi layanan bimbingan konseling peserta didik SMA dan SMK. Aplikasi tersebut menggunakan Artificial Intelligence dengan harapan memberi kemudahan untuk guru BK dalam mengidentifikasi profil dan aktivitas peserta didik saat bersekolah di SMA/SMK.

Penerapan Artificial Intelligence pada bidang pendidikan di Indonesia memang belum banyak dan masih belum memiliki hasil yang konkrit. Tetapi, Artificial Intelligence memiliki potensi yang besar untuk memudahkan orang-orang di bidang pendidikan. Cepat ataupun lambat, Artificial Intelligence di bidang pendidikan pastinya akan diterapkan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri untuk perkembangan di dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Sumber: 

pusat inovation. (2021, 2 3). Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan. Retrieved from http://innovation.mercubuana-yogya.ac.id/artificial-intelligencedalam-bidang-pendidikan/

Threestayanti, L. (2020, 7 3). Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Bidang Pendidikan. Retrieved from https://infokomputer.grid.id/read/122226068/contoh-penerapan-artificial-intelligence-di-bidang-pendidikan?page=2

Utami, S. N. (2021, 7 5). Artificial Intelligence (AI): Pengertian, Perkembangan, Cara Kerja, dan Dampaknya. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/05/121323869/artificial-intelligence-ai-pengertian-perkembangan-cara-kerja-dan

Vaness Devlin