Optimalisasi Pendidikan dengan AI

(Sumber: www.urbanasia.com/manfaat-artficial-intelligence-di-dunia-pendidikan-apa-aja-U24267)

Ricardo Hermawan

2401962560

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat pendidikan rendah. Pendidikan merupakan aspek penting untung meningkatkan kesejahteraan negara dan juga menjaga keutuhan negara, oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan. Banyak cara untuk meningkatkan pendidikan suatu negara, salah satunya dengan menggunakan Artificial Intelligence.

AI merupakan sebuah kecerdasan buatan atau ilmu yang direkayasa dan diterapkan kepada mesin. AI dibuat dengan menggunakan program komputer yang dirancang mengikuti pola pikir manusia. Contoh dari AI yang sudah terealisasi adalah VR, mobil pintar, chatbot, algoritma pencarian pada google, dan koreksi teks otomatis. Pada dunia pendidikan, AI dapat diterapkan dengan beberapa cara.

Penerapan pertama AI untuk mengoptimalisasi dunia pendidikan adalah personalisasi berbasis AI. Hal ini dapat digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang dalam mengelola ilmu. Melalui perhitungan AI, pengguna dapat menemukan cara belajar yang bisa digunakannya dengan nyaman. Penerapan yang selanjutnya adalah terciptanya tempat belajar secara online. Para siswa tidak perlu tatap muka untuk menambah ilmu karena dapat diakses melalui aplikasi yang sudah tercipta. Mentor virtual juga dapat menjadi salah satu sarana yang bisa dimaksimalkan oleh para siswa untuk menambah ilmu. Bagi para guru, AI dapat mempermudah sistem penilaian dan bahkan dapat menganalisis kemampuan setiap siswanya.

AI dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia. Pelibatan AI diharapkan dapat memberikan sistem pembelajaran yang optimal, terlebih lagi karena setiap individu dapat melihat kemampuan dan kelemahan masing-masing. 

Sumber:

Wahyudi, K. (2020, November 5). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangannya. Retrieved from Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangannya: https://www.berca.co.id/2020/11/05/artificial-intelligence-dalam-pendidikan-manfaat-dan-tantangannya/

Ricardo Hermawan